Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Atas Inisiatif Sendiri

Jumat, April 25, 2014
Anda bercita-cita bekerja di sebuah perusahaan yang bagus. Sejak lama Anda menginginkan bekerja di perusahaan itu, tetapi tidak pernah Anda dapati pembukaan lowongan kerja dari perusahaan itu. Maka Anda harus memperjuangkan cita-cita Anda.
Bila Anda tidak pernah mengetahui pengumuman lowongan kerja dari perusahaan itu, maka Anda yang harus proaktif melamar pekerjaan atas inisiatif sendiri.
Berikut cara membuat surat lamaran atas inisiatif sendiri :

1.     Meskipun tidak berdasarkan lowongan pekerjaan atau penawaran posisi, surat lamaran Anda tetap harus spesifik membidik bidang pekerjaan. Bila Anda memang berkeinginan keras bekerja di perusahaan itu, tentunya Anda sudah sering mempelajari informasi tentang perusahaan itu. Gunakan informasi itu untuk membuat surat lamaran yang spesifik. Cari bidang pekerjaan di perusahan itu yang sesuai dengan kelebihan yang Anda miliki.

2.     Pada paragraph awal surat lamaran kerja tuliskan tentang keinginan besar Anda bekerja di perusahaan itu, dan jelaskan pula bidang pekerjaan apa yang ingin Anda masuki berdasarkan informasi yang ada. Meskipun perusahaan itu tidak membuka lowongan kerja Anda tetap bisa menggunakan cara ini .

3.     Pada paragraph tengah surat lamaran, Anda sampaikan kelebihan-kelebihan (keterampilan, kemampuan, kualifikasi) yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda incar. Sampaikan secara garis besar saja, tapi tetap gunakan kata-kata yang spesifik (hindari kata-kata general).

4.     Pada paragraph penutup Anda yang berinisiatif menawarkan tindak lanjut dari surat Anda. Dengan pilihan kata yang santun, tanpa terkesan memerintah dan mendesak, ungkapan proaktif Anda akan dinilai positif oleh perusahaan, apalagi surat lamaran kerja ini memang inisiatif Anda sendiri.

5.     Dalam resume Anda harus fokus menampilkan kelebihan-kelebihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda incar. Meskipun Anda memiliki banyak variasi pengalaman kerja, sebaiknya Anda hanya fokus pada pengalaman yang relevant. Kalaupun Anda cantumkan semua pengalaman agar tidak terjadi lompatan riwayat kerja, cukup tuliskan secara singkat saja untuk pengalaman kerja yang tidak relevant dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔