Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Meyakinkan – Hindari Menulis Kata Berkesan Malas dan Kurang Antusias

Kamis, April 24, 2014
Surat lamaran kerja adalah kesempatan paling awal Anda terhubung ke perusahaan. Kesalahan menulis surat lamaran kerja sama dengan mengabaikan kesempatan awal ini, dan tentu saja berarti Anda juga melewatkan peluang besar setelah itu.

Cara membuatsurat lamaran kerja agar menjadi pembuka peluang besar  adalah Anda harus menulis surat lamaran kerja yang mampu meyakinkan pembacanya. Ada beberapa kata-kata yang pantang Anda tuliskan pada surat lamaran kerja karena menimbulkan kesan malas atau kurang bersungguh-sungguh, sehingga tidak akan mampu meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah orang yang paling pantas dipilih.

Saat menulis surat lamaran kerja ( surat pengantar dan resume), Anda hindari menulis kata-kata :

1.     yang disingkat.
Masih banyak pelamar kerja masih menyingkat kata-kata dalam surat lamaran maupun resumenya, seperti yth (yang terhormat), BR (Best Regards), dll (dan lain-lain), symbol &, DH (Dengan Hormat).

2.     ‘dan lain-lain’.
Kata-kata ‘dan lain-lain’ sangat tidak efektif dan menimbulkan kesan malas atau kurang antusias. Bila Anda punya terlalu banyak contoh atau keterangan sebaiknya pilih saja yang paling sesuai dan berkesan tanpa mengakhiri dengan kata-kata ‘dan lain-lain’

3.     yang terlalu general, kurang spesifik.
Kata-kata yang terlalu general atau klise mengesankan kurang antusias, malas, dan pembacanya akan mengira Anda sekedar copy-paste dari template surat  lamaran kerja orang lain. Menuliskan kata-kata  ‘berpengalaman di bidang administrative’ sebaiknya dibuat spesifik dengan menjelaskan lebih detil bidang administrative untuk urusan apa.

4.     yang memerintahkan untuk membaca bagian lain dari surat lamaran atau resume/CV.
Contoh : “lebih lengkapnya bisa Bapak baca di daftar riwayat hidup yang saya lampirkan”. Kata-kata seperti ini sangat tidak baik digunakan. Mungkinkah ada perusahaan yang mau mempekerjakan pelamar yang mengesankan pernyataan “silakan Anda carikan dan tentukan  sendiri pekerjaan apa yang paling sesuai  bagi saya, semua sudah saya tulis di surat ini”?

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔