Kapan dan di Mana Menunjukkan Skill saat Melamar Kerja , Hard Skill vs Soft Skill (2)

Sabtu, April 12, 2014
Sudah tahu mana yang lebih penting antara soft skill dengan hard skill dalam melamar kerja? Bila belum silakan baca lagi "Mana yang Lebih Penting untuk Melamar Pekerjaan, Hard Skill vs Soft Skill (1)"

Hard skill bisa Anda tampilkan secara ringkas dalam resume lamaran kerja Anda. Dengan sedikit keterangan dan angka-angka Anda bisa menampilkan hard skill yang menarik dalam resume. Pilihlah hard skill yang paling sesuai dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Sesuai sifatnya yang bisa dikukur hard skill bisa Anda tuliskan dalam bentuk hasil-hasil pengukurannya sehingga resume Anda bisa memukau perusahaan meskipun tetap singkat  dan ringkas.

Anda akan mengalami kesulitan menunjukkan soft skill Anda dalam resume. Karena tidak bisa diukur Anda tidak mungkin menuliskannya dalam bentuk angka-angka. Bisa juga Anda berusaha menampilkan soft skill di resume dengan kata-kata singkat, tapi kesannya akan sangat klise dan normative seperti “mampu bekerja sama dalam team”, “mampu bekerja dalam tekanan”, “mampu berkomunikasi efektif”, dan lain-lain. Apa yang Anda tulis akan sama dengan puluhan bahkan ratusan resume yang masuk, tidak istimewa.  Memukau perusahaan dengan soft skill lebih efektif Anda lakukan saat wawancara kerja.


Saat wawancara kerja Anda bisa secara panjang lebar menunjukkan kepada petugas penguji tentang soft skill yang dibutuhkan perusahaan yang Anda kuasai. Sampaikan contoh-contoh kongkrit pelaksanaan soft skill yang pernah Anda lakukan. Sampaikan keberhasilan-keberhasilan yang pernah Anda raih menggunakan soft skill.
Jasa pembuatan curriculum vitae dan surat lamaran kerja

Gambar dari http://all-freedownload.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔