2 Perbedaan CV dan Resume - beserta Contoh CV dan Contoh Resume

Sabtu, Maret 22, 2014
Dalam sebuah pelatihan "Tips Menulis Surat Lamaran yang Menjual", beberapa peserta menanyakan apa bedanya bedanya CV (Curriculum Vitae) dan Resume?

Memang banyak orang yang belum bisa membedakan antara CV (Curriculum Vitae) dan Resume, karena fungsi dari CV (Curriculum Vitae) serta Resume untuk beberapa hal sama.


Lantas apa perbedaannya?


Yang paling bisa dilihat umumnya adalah pada “panjang-nya halaman”. Selain itu juga terletak pada “isi “ dari CV dan Resume. Umumnya Resume lebih ringkas, panjangnya tidak lebih dari 2 halaman kertas A4, bahkan seringnya cukup 1 halaman saja.


Isi atau materi dari sebuah Resume, hanya fokus pada data-data yang relevan dari keahlian, pendidikan, pengalaman kerja, atau pengalaman organisasi dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang ingin dilamar.


Sedangkan CV (Curriculum Vitae) - atau orang sering menyebutnya dengaan istilah daftar riwayat hidup - berisi tentang data diri seseorang secara lebih lengkap, detail dan terperinci. Umumnya CV memuat: tanggal lahir, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, penghargaan, hobi, organisasi dan lain sebagainya. Karena alasan itu maka maka CV umumnya membutuhkan lebih banyak halaman dalam menuliskannya.

Penggunaan CV, di Amerika umumnya digunakan untuk mengajukan permohonan beasiswa, proposal penelitian, atau urusan akademik. Adapun di dunia kerja lebih disukai menggunakan resume karena lebih ringkas dan jelas menunjukkan keahlian/kemampuan seseorang.


Pada sebagian negara Eropa, Timur Tengah dan Asia, CV digunakan tidak hanya untuk kepentingan akademik dan tetapi juga untuk melamar pekerjaan.

Biasanya ada pertanyaan lagi, "Untuk melamar kerja di Indonesia, saya harus memakai yang mana?"


Jawabnya cukup mudah: Anda bisa menggunakan dua-duanya asalkansesuai dengan posisi pekerjaan yang hendak anda lamar!


"Bagaimana kalau anda masih kesulitan membuatnya?"


Jangan khawatir, Jasa Ghost Writer, siap membantu anda!


Mudah Bukan?



Inilah Contoh Resume







Bila Anda sarjana yang baru lulus kuliah dan ingin memiliki curriculum vitae yang menarik dan powerful, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan curriculum vitae di penulisCVprofesional.com yang akan memandu untuk mengenali dan menggali potensi diri untuk menguatkan resume kerja atau curriculum vitae Anda.

http://www.penuliscvprofesional.com/p/layanan.html




Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔