10 Hal Yang harus anda lakukan sebelum Wawancara Kerja

Sabtu, Maret 01, 2014

Sebelum anda berangkat memenuhi panggilan wawancara kerja, ada 10 hal yang harus anda persiapkan:  

  1. Mengetahui lokasi perusahaan – apalagi jika anda berasal dari luar kota dimana perusahaan tersebut berada. Selain lokasi perusahaan pastikan anda tahu ruangan tempat anda akan menjalani wawancara kerja
  2. Pengetahuan Tentang Perusahaan – anda wajib melakukan riset tentang apa saja yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, anda bisa lakukan hal itu dari browsing diinternet, atau bertanya kepada masyarakat sekitar atau karyawan di perusahaan itu, untuk hal ini maka lakukan poin berikutnya,
  3. Datang lebih awal, jika anda datang lebih awal, maka akan banyak hal yang bisa anda lakukan, mulai dari menggali informasi tentang perusahaan bahkan sampai berbicang-bincang dengan karyawan untuk mengetahui siapa yang “bos” sesungguhnya dari perusahaan tersebut. Atau juga bertemu dengan para calon pelamar lainnya.
  4. Pastikan anda sudah memahami apa yang sudah ditulis pada surat lamaran, CV atau resume anda. Paham akan kemampuan, pengetahuan dan segala hal tenteng potensi diri anda dan temukan “kelebihan” anda dibandingkan calon pelamar lainnya.
  5. Pastikan membawa dokumen-dokumen, yang relevan yang mungkin saja dibutuhkan saat wawancara, bisa saja anda tidak membawa dokumen asli dari ijazah atau setfitikat keahlian misalnya, tetapi salinannya saja (fotoopy) 
  6. Pastikan anda membawa pengenal dan “kartu nama” untuk menjalin sebanyak mungkin jejaring, baik dengan orang dalam atau bahkan dengan sesama calon pelajar.
  7. Lihat peluang lainnya, terkadang di sekitar dan sepanjang jalan menuju perusahaan tempat anda wawancara ada banyak perusahaan yang bisa anda jadikan target untuk melayangkan surat lamaran, oleh karenanya jangan segan-segan sebelum dan sesudah wawancara banyak bertanya tentang perusahaan lain di sekitar lokasi wawancara anda. 
  8. Pastikan anda dalam keadaan fit, bisa jadi saat wawancara dilakukan di pagi hari sekali atau bahkan siang hari atau anda mendapatkan gilirian nomor yang kesekian. Oleh karenanya jika memang diperlukan anda sarapan dan hal-hal lain yang membuat anda bugar dan tampak sehat lakukanlah. 
  9. Jika memungkinkan – carilah tahu nama dan jabatan dari interviewer (pewawancara anda) , anda bisa tanyakan pada resepsionis atau bahkan pada saat pertama kali anda memperkenalkan diri. Panggillah dengan namanya jika anda sudah tahu namanya, jangan Cuma Pak/Bu saja. 
  10. Bersikaplah santai, bersahabat dan tersenyumlah pada semua orang di sekitar tempat anda wawancara dan kepada pewawancara. 
Demikain 10 hal yang harus anda siapkan saat anda akan menghadapi wawancara kerja.


****
gambar diambil dari http://girlsgonenotsowild.wordpress.com/

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔