Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Kurang Menjual

Senin, Mei 12, 2014



Surat lamaran kerja adalah hubungan paling awal antara Anda dengan perusahaan. Apa pun yang terjadi setelah itu sangat dipengaruhi bagaimana penampilan surat lamaran kerja Anda. Sayangnya masih banyak pencari kerja yang menganggap surat lamaran kerja hanya sekedar syarat formalitas untuk mengikuti proses recruitment berikutnya. Padahal seleksi sudah dimulai sejak surat lamaran kerja dibaca petugas penyeleksi karyawan baru. Bahkan ada kemungkinan petugas penyeleksi tidak mau menyelesaikan membaca surat lamaran kerja Anda, apalagi CV atau resume, karena tidak menarik dan mereka harus menyeleksi puluhan surat lamaran kerja lainnya.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang bentuknya sering ditulis oleh pencari kerja fresh graduate, bahkan banyak diposting oleh beberapa Blog sebagai contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kepada Yth.,
Bapak / Ibu Personalia 
PT. Bersatu Kita Teguh
Jl. Pahlawan No 1
Surabaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Bersatu Kita Teguh yang saya dapatkan dari harian Matahari pada tanggal 12 Mei 2014, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MK) di perusahaan PT. Bersatu Kita Teguh.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                                     : Tegar Teguh
Tempat / tgl. lahir                  : Malang, 12 mei 1995
Pendidikan Terakhir            : S1 Manajemen
Alamat                                    : Jl Mas Trip no. 1
Telepon (HP)                        : 081234567
Status                                     : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,
Tegar Teguh

Contoh surat lamaran kerja ini sudah baik bila dilihat dari sisi kaidah penulisan surat. Tapi sejatinya tidak ada aturan baku untuk menulis surat lamaran kerja, kecuali Anda melamar kerja sebagai guru Bahasa Indonesia. Bahkan besar kemungkinan para petugas penyeleksi karyawan tidak tahu bagaimana format baku surat lamaran kerja yang baik dan benar. Yang penting Anda menulis dengan ejaan yang benar dan merangkai kalimat dengan rapi sehingga apapun yang tertulis mudah dipahami pembacanya.

Yang lebih penting lagi adalah surat lamaran kerja Anda berisi informasi yang menarik minat petugas penyeleksi karyawan sehingga bersedia membaca resume/CV, dan berminat untuk mengundang Anda dalam sebuah proses wawancara kerja. Isi surat harus berisi iklan diri bahwa Anda yang pantas mengisi lowongan kerja tersedia.
Surat lamaran kerja pada contoh di atas, surat lamaran kerja si Tegar, kurang mengungkap kelebihan Tegar yang ditawarkan kepada perusahaan. Surat si Tegar tersebut terlalu banyak diisi informasi yang tidak fokus pada kelebihan apa yang dimiliki sehingga layak untuk mengisi lowongan di bidang marketing.

Paragraf pertama sudah bagus karena menyampaikan ketertarikan Tegar pada pekerjaan secara spesifik.

Paragaraf kedua seharusnya digunakan Tegar untuk mempromosikan diri dengan menuliskan kelebihan yang dimiliki, yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang diinginkan. Alih-alih berpromosi, Tegar hanya menuliskan data umum pribadinya dengan format yang menghabiskan ruang surat. Meskipun seorang fresh graduate, belum memiliki pengalaman kerja, Tegar bisa mengungkapkan di paragraf  ini kelebihannya selain pengalaman kerja formal seperti pengalaman magang, tugas proyek marketing yang mendapatkan nilai bagus, pengalaman kerja sukarela, atau kegiatan organisasi yang berhubungan dengan proses marketing. Paragaraf ini seharusnya digunakan untuk meyakinkan pembacanya, petugas penyeleksi karyawan baru, bahwa Tegar sangat serius berminat dan layak mendapatkan kesempatan untuk mengisi lowongan yang tersedia.

Pada paragraf ketiga Tegar juga hanya menuliskan informasi umum, yang dituliskan oleh  semua pencari kerja. Bila Tegar ingin menggunakan paragaraf ketiga ini untuk menyampaikan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki, seharusnya lebih spesifik dan unik yang menarik. Soft skill seperti ‘kejujuran’ tidak perlu disampaikan di surat lamaran karena tidak bisa disampaikan pembuktiannya, sehingga terkesan hanya basa-basi.


Ikuti artikel-artikel di blog ini untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja yang menarik. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan surat lamaran kerja di jasaghostwiter.net untuk mendapatkan surat lamaran kerja yang menarik dengan design yang memikat.

Gambar dari http://www.all-free-download.com


www.penuliscvprofesional.com

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔