Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik - Uraikan Kata-kata Klise Menjadi Lebih Spesifik

Jumat, Mei 23, 2014
Dalam surat lamaran kerja atau resume seringkali pelamar kerja menuliskan kelebihan-kelebihan diri yang sifatnya umum, klise, dan tidak terukur. Kata-kata seperti ‘jujur’, ‘bisa dipercaya’, ‘pekerja keras’, ‘suka bekerja sama’ adalah kata-kata yang sangat umum dituliskan oleh pencari kerja.

Entah mereka menuliskan itu semua karena ikut-ikutan, atau memang tidak punya kelebihan selain itu semua. Mereka menuliskan kata-kata itu karena merasa ‘aman’, karena sebelum diterima bekerja mereka menganggap tidak mungkin diukur kebenarannya. Petugas penyeleksi karyawan yang berpengalaman tidak akan menghiraukan kata-kata tersebut karena terkesan hanya basa-basi. Tidak dihiraukan lebih baik, karena bisa jadi petugas penyeleksi karyawan tidak bersedia memilih Anda karena mereka anggap kurang memiliki kompetensi mengenali potensi diri sendiri.

Surat lamaran kerja dan resume harus ringkas, informatif , dan menjual. Sangatlah sayang bila ruang terbatas itu diisi oleh hal-hal klise, basa-basi yang tidak mampu menguatkan surat lamaran Anda sehingga menarik petugas penyeleksi karyawan untuk memilih Anda. Petugas penyeleksi karyawan juga akan menganggap Anda sebagai orang yang tidak efektif.

Bukankah semua perusahaan mencari karyawan yang jujur, bisa dipercaya, pekerja keras, dan suka bekerja sama? Benar sekali, sangat benar. Dan Anda harus menyampaikannya dengan kongkrit.


Misalkan kata-kata ‘jujur’, Anda sebaiknya menyampaikan pangalaman Anda yang menggunakan kejujuran seperti “selama lima tahun dipercaya memegang jabatan sebagai kasir”. Untuk kata-kata ‘suka bekerja sama’ bisa disampaikan “sukses menyelenggarakan event nasional dalam sebuah team yang solid”. Bila Anda tidak mempunyai pengalaman-pengalaman itu sebaiknya kata-kata klise itu tidak perlu dicantumkan. 


Ikuti artikel-artikel di blog ini untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja yang menarik. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan surat lamaran kerja di jasaghostwiter.net untuk mendapatkan surat lamaran kerja yang menarik dengan design yang memikat.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔