Tips Membuat Surat Lamaran dan Resume Kerja yang Memikat

Senin, Juli 07, 2014
Kesan pertama sangat menentukan, dan penampilan luar yang paling sering mempengaruhi kesan pertama.

Penampilan yang menarik tidak hanya pada diri Anda, tapi juga untuk surat lamaran dan resume kerja yang Anda kirimkan. Sebelum Anda bersaing dalam proses recruitment surat lamaran dan resume kerja Anda sudah harus bersaing ‘melawan’ ratusan surat lamaran lain.

Surat lamaran dan resume kerja Anda harus bersaing, berlomba mendapatkan perhatian dari petugas penyeleksi. Sebagus apapun isi resume Anda akan sia-sia bila petugas penyeleksi tidak tertarik meliriknya apalagi membaca.


Berikut tips membuat surat lamaran dan resume yang memikat :

1.      Fokus.
Sebelum menulis surat lamaran kerja dan resume Anda harus memilih dan menentukan kelebihan apa yang akan ditawarkan. Fokuslah pada kelebihan itu.

2.    Ringkas dan lugas.
Tulis surat lamaran kerja dan resume dengan kata-kata sederhana yang efektif. Hindari penggunaan kata yang tidak ada manfaatnya.

3.    Rapi.
Kelompokkan dalam paragraph-paragraph pendek agar petugas penyeleksi lebih nyaman  membaca dan menangkap maksud Anda, daripada harus membaca beberapa kalimat panjang dalam satu paragraph.

4.    Jelas.
Coba bacakan tulisan Anda ke sahabat atau kerabat. Bila mereka bisa memahami dengan cepat berarti Anda sudah menulis surat lamaran kerja dan resume dengan jelas.
Letakkan informasi-informasi andalan Anda pada halaman pertama resume/curriculum vitae bila lebih dari satu halaman, seperti keunggulan-keunggulan dan pengalaman kerja, sehingga hanya dengan membaca halaman pertama saja petugas penyeleksi sudah tertarik kepada Anda.

5.     Spesifik.
Tuliskan kelebihan Anda dengan spesifik. Menuliskan ‘mampu mengoperasikan computer’ adalah terlalu umum. Masuklah lebih dalam dengan menuliskan ‘mahir menggunakan fungsi accounting pada Microsoft Office Excel’.

6.    High Impact.
Pilih kata-kata yang high impact berlandaskan kejujuran. Sebenarnya ketika tidak mau menunjukkan kelebihan yang sebenarnya dengan dalih low profile Anda sedang melakukan ketidakjujuran.

7.     Layout yang indah.
Gunakan layout design yang indah. Bila mengetahui budaya perusahaan tujuan sebaiknya Anda sesuaikan dengan itu, seperti warna dan gambar.

Anda harus segera melakukannya, membuat surat lamaran dan resume kerja yang memikat, bila Anda memiliki jiwa professional yang fokus dan serius. Silakan baca artikel lain di situs jobhuntingcenter.com ini untuk lebih memahami cara membuat surat lamaran dan resume kerja yang baik.

Bila ingin secepatnya memiliki surat lamaran dan resume kerja yang memikat karena mendesak dan waktu yang terbatas, Anda bisa menggunakan jasa professional pembuatan surat lamaran dan resume kerja di jasaghostwriter.net.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔