Cara Menjawab Wawancara Kerja yang Baik dan Efektif – Persiapan yang Matang

Rabu, April 16, 2014
Ada yang bilang bahwa jawaban wawancara kerja tidak mungkin dipersiapkan. Bila yang dimaksud adalah menghapalkan jawaban, pernyataan itu benar. Anda tidak mungkin menghapalkan jawaban yang akan Anda sampaikan dalam wawancara kerja. Anda tidak mungkin menerima pertanyaan-pertanyaan generic saat wawancara kerja. Menghapalkan jawaban wawancara kerja adalah tindakan yang konyol, sama seperti orang yang menghapalkan naskah pidato.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mempersiapakan atau latihan cara menjawab wawancara kerja yang baik dan efektif. Semakin sering  Anda berlatih, semakin bagus hasil wawancara kerja nantinya.

Sebelum melakukan latihan cara menjawab wawancara kerja yang baik dan efektif Anda harus mempersiapkan bahan dulu.

Berikut tips efektif mempersiapkan bahan latihan menjawab wawancara kerja :

1.     Gunakan tabel yang sudah Anda untuk membuat surat lamaran yang efektif. Anda bisa baca di sini tentang cara membuat tabel itu :Tips Sederhana Membuat Surat Lamaran yang Efektif.

2.     Kembangkan tabel itu dengan melengkapi contoh-contoh kongkrit berdasarkan pengalaman pada setiap kelebihan-kelebihan yang Anda tulis. Pastikan contoh-contoh itu benar-benar terjadi, jangan melebih-lebihkan. Ketidakjujuran akan menghancurkan Anda.

3.     Urutkan berdasarkan prioritas kelebihan yang akan Anda gunakan sebagai ‘senjata ampuh'. Untuk itu Anda perlu lebih dalam lagi mempelajari perusahaan tersebut. Cara mendapatkan informasi bisa Anda baca di sini : Dapatkan Informasi tentang Posisi Pekerjaan yang Ditawarkan.

4.     Mulailah berlatih menyampaikan kelebihan-kelebihan Anda secara verbal dengan bahasa yang baik. Latih juga bahasa tubuh Anda saat menjawab pertanyaan, termasuk bagaimana menjaga kontak mata. Anda bisa minta bantuan teman atau kerabat untuk menjadi mitra latihan. Semakin sering latihan Anda lakukan jawaban-jawaban itu semakin baik tersimpan dalam pikiran bawah sadar Anda,tanpa harus Anda hapalkan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔