7 Manfaat Menggunakan Desain Curriculum Vitae yang Bagus

Kamis, November 29, 2018

Banyak orang yang beranggapan bahwa curriculum vitae itu tidak perlu menggunakan desain khusus, biasa saja yang penting isinya bagus. Suatu anggapan yang tidak sepenuhnya keliru, dan tidak sepenuhnya benar. Memang benar bahwa isi curriculum vitae adalah yang paling penting, sebagaimana Anda sebagai karyawan atau kandidat karyawan. Kualitas diri Anda jauh lebih penting daripada sekedar penampilan Anda.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kesan pertama sangatlah menentukan. Tidak bisa dihindari bahwa sebelum menemukan jati diri Anda yang sangat berkualitas, orang lain akan menilai diri Anda dari penampilan terlebih dahulu. Maka tanggungjawab Anda sendiri untuk mampu berpenampilan sesuai kualitas jati diri.

Mungkin Anda memiliki kualitas luar biasa, berkelas tinggi, yang Anda tuangkan dalam curriculum vitae. Namun semua itu akan sia-sia bila orang yang membaca curriculum vitae Anda sudah enggan membacanya dengan sepenuh perhatian sehingga banyak point-point penting dalam curriculum vitae Anda terlewat tidak terbaca.

Agar orang yang membaca curriculum vitae, yaitu pejabat atau petugas Departemen Sumber Daya Manusia yang melakukan seleksi calon karyawan, berkenan membaca dengan sepenuh perhatian, maka Anda harus bisa membuat mereka tertarik dan antusias membacanya. Curriculum vitae Anda harus bisa mengesankan mereka pada pendangan pertama.

Desain curriculum vitae yang baik bukan hanya mampu menarik perhatian, tapi juga bisa membuat CV nyaman dibaca, menonjolkan selling point.

Berikut 7 manfaat desain curriculum vitae :
1.     Mewakili Karakter

Jasa Desain CV Profesional

Desain curriculum vitae yang baik mewakili karakter pemiliknya. Itulah yang dirasakan oleh pembacanya. Petugas atau pejabat bagian Sumber Daya Manusia yang membaca curriculum vitae akan menganggap dan merasakan karakter Anda dari desainnya. Curriculum vitae yang menarik mewakili karakter pemiliknya yang menarik, dan sebaliknya. Curriculum vitae yang kurang menarik mewakili karakter pemiliknya yang kurang menarik.
Desain currriculum vitae juga tergantung karakter data. Agar tampil menarik dan mudah dibaca, desain curriculum vitae harus menyesuaikan postur data yang ada. Karena itulah sebaiknya tidak asal menggunakan template curriculum vitae, asal memasukkan data ke dalam template desain curriculum vitae, sehingga tidak menarik dan kurang nyaman dibaca

2.     Menunjukkan Kelas

Jasa Desain CV Profesional

Desain atau penampilan curriculum vitae menunjukkan kelas profesionalitas pemiliknya. Para profesional yang berkelas pasti tidak akan mengirimkan curriculum vitae secara asal-asalan. Profesional berkelas pasti akan menjaga penampilan curriculum vitaenya agar sesuai dengan kelas mereka. Hanya para amatir, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru lulus sekolah, yang mengirim curriculum vitae secara asal-asalan. Karena itu, bila Anda merasa memiliki kelas profesionalitas yang tinggi, tidak mungkin mau mengirimkan curriculum vitae yang tidak sesuai kelas Anda.

3.     Memikat

Jasa Desain CV Profesional

Seperti yang disampaikan di awal, kesan pertama sangatlah menentukan. Desain curriculum vitae yang baik mampu mengesankan petugas penyeleksi calon karyawan sehingga berkenan membacanya secara seksama dengan perhatian penuh. Surat lamaran dan curriculum vitae Anda harus bersaing dengan ratusan surat yang masuk. Sebelum Anda menyampaikan isi curriculum vitae yang sangat powerful, curriculum vitae Anda harus berlomba memikat perhatian petugas SDM yang menyeleksi surat masuk.

4.     Menguatkan Isi/Konten

Jasa Desain CV Profesional

Desain curriculum vitae yang baik mampu menguatkan isinya, mampu menonjolkan kekuatan-kekuatan diri yang Anda tawarkan kepada perusahaan. Desain curriculum vitae yang baik tidak asal menggunakan ornamen atau warna yang menarik tapi justru melemahkan isinya. Alih-alih tertarik membaca, bisa jadi petugas HRD akan bingung dan tidak menemukan potensi dalam curriculum vitae Anda.
Pemasangan ornamen yang tidak tepat, pemilihan font yang tidak proporsional dan warna yang tidak sesuai akan membuat isi curriculum vitae menjadi sulit terbaca.
Penggunaan ornamen, font, dan warna pada desain curriculum vitae harus bertujuan untuk menguatkan isinya sehingga nyaman dibaca, mudah menemukan point-point penawaran di dalamnya.

5.     Menegaskan Komitmen

Jasa Desain CV Profesional

Curriculum vitae yang menggunakan desain profesional menunjukkan komitmen yang lebih baik dibanding curriculum vitae dengan desain asal-asalan. Hanya para pencari kerja yang memiliki komitmen tinggi yang mau serius memiliki curriculum vitae dengan kualitas maksimal, curriculum vitae yang memiliki desain maupun konten terbaik. Profesional yang memiliki komitmen tinggi selalu berusaha memberikan yang terbaik. Mereka tidak mau mengerjakan sesuatu setengah-setengah, apalagi asal-asalan. Mereka selalu serius dan fokus dalam mengerjakan sesuatu, termasuk dalam mengirim surat lamaran kerja beserta curriculum vitae.

6.     Menghibur

Jasa Desain CV Profesional

Petugas SDM yang menyeleksi curriculum vitae adalah manusia biasa yang memiliki perasaan. Suasana hati mereka sangat mempengaruhi pertimbangan untuk memilih calon karyawan berdasarkan curriculum vitae. Apalagi mereka harus membaca ratusan surat yang masuk sejak pagi, seharian. Curriculum vitae Anda yang memiliki desain indah akan menghibur mereka, menyegarkan suasana hati mereka. Curriculum vitae dengan desain yang baik akan membantu petugas HRD menyegarkan perasaan setelah sejak pagi berkutat membaca ratusan CV yang monoton kurang menarik.

7.     Mempengaruhi Keputusan

Jasa Desain CV Profesional

Bila ada lima curriculum vitae dengan kualitas isi yang sama, maka pertimbangan berikutnya untuk memilih yang terbaik adalah berdasarkan kualitas desainnya. Atau bisa jadi, bahkan, curriculum vitae yang memiliki kualitas isi yang sedikit lebih bagus dikalahkan oleh curriculum vitae yang memiliki desain lebih bagus.


Jasa Desain CV Profesional

Jasa Desain CV Profesional

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔