Surat Lamaran Kerja Menggunakan Tulisan Tangan

Kamis, Mei 25, 2017

Sampai saat ini masih banyak orang yang menyarankan untuk membuat surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan.  Banyak sekali artikel di blog internet tentang ‘cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar’  yang menyampaikan bahwa lebih baik menulis surat lamaran kerja secara manual atau tulis tangan dibanding dalam bentuk print out. Mereka memiliki beberapa alasan mengapa lebih baik membuat surat lamaran kerja secara manual atau tulis tangan :

a.      Menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan menunjukkan keseriusan melamar kerja, karena harus ditulis satu persatu.
b.     Perusahaan lebih suka menerima surat lamaran kerja yang ditulis tangan, bukan diketik atau printout.
c.      Tulisan tangan dalam surat lamaran kerja bisa digunakan perusahaan untuk menilai karakter sang pelamar. Dengan menggunakan ilmu graphology goresan tulisan bisa menunjukkan karakter penulisnya. Dengan cara ini pihak perusahaan sudah melakukan seleksi awal psikologi.
d.     Surat lamaran kerja yang ditulis tangan lebih mengesankan dan personal (personal approach)

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae


Benarkah surat lamaran kerja yang ditulis tangan lebih baik dibanding yang diketik? Benarkah surat lamaran kerja yang menggunakan tulisan tangan mampu meningkatkan peluang diterima kerja?

Mari kita lihat faktanya...

Fakta pertama;  Membuat surat lamaran kerja harus serius dan bersungguh-sungguh dengan diketik maupun ditulis tangan. Seorang pencari kerja harus berupaya maksimal dalam membuat surat lamaran kerja. Dia harus membuat setiap surat lamaran kerja dengan perhatian penuh untuk setiap perusahaan, tidak asal menyalin atau copy-paste. Bisa jadi meskipun membuat dengan tulisan tangan, seorang pelamar kerja asal menulis sebanyak-banyaknya surat lamaran kerja dengan mencontek surat lamaran milik orang lain dan hanya mengganti sebagian data. Sebaliknya, meskipun dengan cara mengetik, tidak tulis tangan, seorang pelamar kerja sangat serius membuat surat lamaran kerja satu-persatu untuk setiap perusahaan. Upaya  mengetik surat lamaran kerja dengan perhatian penuh, kemudian berusaha mencetaknya untuk hasil printout yang terbaik, bahkan harus ke tempat jasa cetak/printout, adalah tanda seseorang memiliki kesungguhan dan keseriusan dalam melamar kerja. Hasil berupa surat lamaran kerja yang menarik yang harus dinilai sebagai keseriusan dan kesungguhan dalam melamar kerja, baik diketik maupun tulis tangan.

Fakta kedua; Sekarang, banyak perusahaan yang hanya mau menerima surat lamaran kerja melalui email, dan hampir tidak ada yang mensyaratkan untuk mengirim surat lamaran kerja dengan ditulis tangan. Suatu informasi yang tidak tepat bila disampaikan bahwa banyak perusahaan lebih suka surat lamaran kerja tulis tangan.  Bahkan banyak juga perusahaan yang hanya membutuhkan curriculum vitae, tanpa surat lamaran kerja. Beberapa perusahaan besar menyediakan aplikasi untuk mengunggah curriculum vitae di website resmi perusahaannya, atau kolom-kolom yang harus diisi informasi oleh para pelamar kerja. Kecenderungan menerima lamaran kerja secara online pada perusahaan-perusahaan besar dikarenakan lebih banyak manfaat yang didapat perusahaan dibanding menerima lamaran kerja secara offline, antara lain :

·        Menunjang gerakan paperless, gerakan mengurangi penggunaan kertas sebagai bagian dari gerakan penyelamatan alam.
·        Lebih mudah dan cepat melakukan perekaman data ke dalam database perusahaan.
·        Lebih mudah melakukan seleksi kandidat karyawan yang dipilih untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya.
·        Lebih hemat, karena pada proses selanjutnya dalam berkomunikasi dengan calon karyawan cukup menggunakan email, tanpa harus mengeluarkan biaya kurir atau pos konvensional.

Jasa Pembuatan Surat Lamaran Kerja


Manfaat yang besar menggunakan sistem online dalam menerima lamaran kerja membuat para perusahaan jasa rekrutmen yang disewa perusahaan juga memilih menggunakan cara online dalam melakukan rekrutmen.

Surat lamaran kerja yang ditulis tangan bisa berpotensi menyulitkan petugas HRD yang membacanya, bila tulisan tidak standard atau susah dibaca. Petugas HRD pasti lebih suka dan nyaman membaca surat lamaran kerja yang diketik rapi, menggunakan ukuran font yang tidak terlalu kecil dan mudah dibaca, di atas kertas yang rapi dan bersih, dibanding surat lamaran kerja yang ditulis tangan dengan ukuran huruf yang tidak standard dan bentuk yang sulit dikenali.

Fakta ketiga; Melakukan seleksi surat lamaran kerja dan melakukan penilaian karakter pelamar kerja berdasarkan goresan tulisannya adalah dua hal yang berbeda dan dilakukan oleh petugas yang berbeda. Petugas HRD yang melakukan seleksi surat lamaran kerja akan fokus pada konten atau data dalam surat lamaran kerja tersebut. Sedangkan petugas HRD yang menilai karakter pengirim surat lamaran kerja akan fokus pada goresan tulisan tangan. Jadi, seleksi berdasarkan karakter yang dinilai dari goresan tulisan tangan baru bisa dilakukan setelah surat lamaran kerja lulus seleksi berdasarkan konten atau data yang terkandung di dalam surat.

Namun, menilai karakter pelamar kerja berdasarkan goresan tulisan tangan pada surat lamaran kerja sangatlah tidak tepat dan kurang bijak. Tidak semua pelamar kerja bisa menulis dengan huruf yang rapi dan mudah dibaca. Memang benar bahwa penilaian karakter seseorang dari goresan tulisan tangan tidak berdasarkan kerapian atau jelas tidaknya tulisan dibaca, tapi surat lamaran kerja dengan tulisan tangan yang sulit dibaca akan memiliki peluang yang rendah untuk bisa lulus seleksi berdasarkan konten atau data. Surat lamaran kerja milik pelamar kerja yang tidak bisa menulis dengan rapi dan mudah dibaca akan tersisih sebelum sampai pada penilaian karakter berdasarkan goresan tulisan.  Akhirnya, agar bisa mengirim surat lamaran kerja yang lebih rapi dan mudah dibaca, para pelamar kerja tersebut meminta bantuan orang lain untuk menuliskan surat lamaran kerjanya. Bila itu terjadi, maka hasil penilaian karakter berdasarkan goresan tulisan tangan menjadi tidak valid.

Bila perusahaan ingin melakukan penilaian karakter kandidat karyawannya dengan metode graphology, lebih baik dan bijak tidak menggunakan surat lamaran kerja. Para pelamar kerja yang terpilih sebaiknya dipanggil dan disuruh menuliskan sesuatu di depan petugas, sehingga bisa dipastikan bahwa goresan tulisan tangan benar-benar milik yang bersangkutan, dan perusahaan tidak kehilangan peluang mendapatkan karyawan yang memiliki potensi tinggi namun tulisan tangannya sulit dibaca.

Fakta keempat; Surat lamaran kerja yang mengesankan personal adalah yang ditulis khusus secara spesifik untuk suatu perusahaan, diketik maupun ditulis tangan. Meskipun ditulis tangan tapi isinya sama untuk banyak perusahaan, tidak akan membuat surat lamaran kerja terkesan personal. Kesan personal dalam suatu surat lamaran kerja sangat tergantung isinya. Untuk membuat surat lamaran kerja yang mengesankan personal, seorang pelamar kerja harus banyak mengetahui informasi tentang perusahaan yang kemudian menggunakannya sebagai isi surat lamaran kerja. Isi surat lamaran kerja yang dia tulis akan berbeda untuk perusahaan yang berbeda.

Dari beberapa fakta di atas kita dapat menemukan kebenaran bahwa surat lamaran kerja dengan ditulis tangan tidak lebih baik dari surat lamaran kerja yang diketik atau printout. Bahkan dalam beberapa hal surat lamaran kerja yang ditulis tangan menyebabkan kurang efektif dan merugikan.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar, ditulis tangan maupun diketik, adalah yang

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja
·        Jujur
Isinya harus berisi informasi yang sesungguhnya, sehingga pelamar kerja harus membuat sesuai keadaan dirinya, bukan berdasarkan contoh dari teman atau internet.
·        Nyaman dibaca
Bila diketik gunakan font yang sederhana dan mudah dibaca, menggunakan spasi satu sampai satu setengah.
·        Menarik
Boleh menambahkan ornamen dan warna, namun tidak terlalu ramai, sekedar membuat surat lamaran terlihat lebih segar dan indah
·        Tidak lebih dari satu halaman yang persuasif
Surat lamaran kerja tidak lebih dari satu halaman, yang berisi kalimat-kalimat persuasif mengandung selling point. Bila memiliki banyak selling point, masukkan yang point-nya paling tinggi ke dalam surat lamaran kerja, sisanya cantumkan dalam curriculum vitae.

Cara paling efektif membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah dengan menggunakan jasa pembuatan curriculum vitae profesional.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔