Cara Membuat Curriculum Vitae Dua Halaman yang Powerful bagi Profesional yang Memiliki Riwayat Kerja Panjang (2)

Senin, Oktober 01, 2018


Pada langkah kedua sudah dibahas 3 informasi utama, yaitu  Bidang yang dikuasai (Areas of expertise), Informasi pribadi, dan Pengalaman kerja. Tiga informasi utama ini yang wajib ada di halaman pertama curriculum vitae profesional yang sudah berpengalaman.

Kali  ini kita akan membahas informasi apa saja yang harus ada dalam curriculum vitae selain tiga informasi tersebut untuk membuat currriculum vitae dua halaman meskipun memiliki riwayat kerja yang panjang.

Sebelum membahas informasi berikutnya, kita akan membahas lebih jauh  tentang informasi Pengalaman Kerja, karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa informasi pengalaman kerja biasanya yang menjadi penyebab curriculum vitae menjadi panjang berlembar-lembar.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Hal tersebut terjadi karena :

Bila Anda seorang career changer yang sudah memiliki posisi menengah ke atas, tak perlu mencantumkan tugas-tugas rutin yang kurang memiliki selling point. Cantumkan hanya tugas-tugas yang strategik mempengaruhi kemajuan perusahaan, dan tugas-tugas yang menunjukkan kekuatan atau keterampilan Anda.
Biasanya justru pada posisi-posisi pemula (posisi saat awal-awal bekerja dulu) yang uraian kerjanya terlalu panjang dan kurang mengandung selling point.

Seringkali career changer yang memiliki pengalaman kerja yang panjang menuliskan lagi uraian tugas yang sama pada posisi/jabatan yang berbeda. Bila uraian tugas tersebut kurang memiliki selling point (seperti yang disampaikan pada point 1 di atas) dihapus saja, tidak perlu dicantumkan.
Bila memang Anda memiliki tugas-tugas yang memiliki selling point tinggi dan sama pada beberapa posisi berbeda, maka sebaiknya dipisah antara kolom tentang riwayat pekerjaan dengan kolom tentang tugas-tugas utama. Dengan cara itu Anda tidak perlu mengulang-ulang tugas yang sama pada posisi yang berbeda.


d.   Latar belakang pendidikan formal

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Informasi tentang pendidikan formal adalah termasuk informasi utama yang harus ditampilkan pada halaman pertama curriculum vitae bagi job hunter yang fresh graduate, namun  bagi career changer tergantung kondisinya, yaitu :
i.          Bila pendidikan terakhir minimal S2
ii.        Bila sangat berkaitan dengan posisi/jabatan yang sedang dibidik ( sesuai hasil langkah pertama : target posisi dan perusahaan yang Anda bidik )
iii.     Masih ada ruang di halaman pertama

Sebaliknya, informasi tentang pendidikan formal menjadi bukan informasi utama bagi carerr changer, atau bahkan tidak perlu dicantumkan di Curriculum Vitae, pada kondisi :
i.          Pendidikan terakhir maksimal S1, dengan IPK yang tidak terlalu tinggi
ii.        Sangat tidak berkaitan dengan posisi/jabatan yang sedang dibidik (sesuai hasil langkah pertama : target posisi dan perusahaan yang Anda bidik )
iii.     Tidak dipersyaratkan dalam iklan lowongan kerja yang menjadi dasar pengajuan lamaran kerja.

Sebagai career changer yang sudah memiliki riwayat kerja panjang, dengan segala prestasi dan pencapaian, latar belakang pendidikan Anda sudah tidak penting lagi. Alih-alih menguatkan profil Anda, bisa jadi latar belakang pendidikan yang memiliki selling point rendah justru akan melemahkan curriculum vitae Anda.

Cara penulisan latar belakang pendidikan formal adalah :
1.      gelar/jurusan/konsentrasi pendidikan
2.    tahun lulus
3.    institusi pendidikan (universitas, akademi, sekolah tinggi, institut)
4.    Indeks Prestasi Komulatif. Tidak perlu dicantumkan bila nilainya tidak lebih dari 3,0.

e.    Informasi Pendidikan non formal (pelatihan/kursus/seminar)

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Informasi pendidikan non formal tidak termasuk informasi utama yang harus dicantumkan pada halaman pertama curriculum vitae. Namun, informasi ini juga jadi penyebab curriculum vitae jadi panjang berlembar-lembar.
Bila Anda harus mengikuti pelatihan setiap tahun, bahkan lebih dari satu pelatihan per tahunnya, maka pelatihan yang sudah Anda ikuti minimal ada sepuluh kelas. Belum lagi seminar-seminar sehari yang pernah Anda ikuti secara online maupun offline.
Tidak semua informasi pendidikan non formal perlu ditampilkan pada curriculum vitae. Masukkan hanya yang berhubungan dengan posisi/jabatan yang Anda bidik (sesuai hasil langkah pertama : target posisi dan perusahaan yang Anda bidik ). Bila semua sudah sesuai, maka urutan prioritas yang perlu dicantumkan adalah :
I.         Kursus (terutama sertifikasi)
II.      Pelatihan
III.  Seminar

f.      Pengalaman organisasi

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Cantumkan hanya pengalaman organisasi yang sedang Anda ikuti. Boleh  juga masukkan informasi yang pernah Anda ikuti, tapi pastikan saat itu Anda menduduki jabatan strategis dalam organisasi tersebut.
Formasi penulisan informasi pengalaman organisasi adalah :
1.      jabatan dalam organisasi
2.    tahun kepengurusan
3.    nama organisasi
4.    bidang organisasi
5.     kegiatan/prestasi organisasi (tambahan)

g.   Daftar referensi

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Daftar referensi berisi informasi tentang orang-orang yang mengenal Anda,  dan bersedia merekomendasikan sebagai kandidat karyawan terbaik kepada perusahaan yang akan Anda masuki. Karena itu hati-hati dalam mencantumkan nama dalam daftar referensi. Pilihlah nama-nama yang tidak pernah terlibat masalah dengan Anda selama bekerjasama dengannya. Bila lamaran kali ini tidak sepengetahuan pimpinan Anda, sebaiknya jangan masukkan dia dalam daftar referensi, karena sangat mungkin dia akan melakukan segala hal untuk mempertahankan Anda tetap berada dalam tim-nya.
Sebelum memasukkannya dalam daftar refrensi pada curriculum vitae, pastikan Anda menghubungi mereka lebih dahulu.
Formasi penulisan daftar referensi adalah :
1.      nama
2.    jabatan + nama perusahaan
3.    nomor telepon
4.    alamat email

Sekali lagi, semua informasi yang Anda masukkan dalam curriculum vitae pastikan sesuai dengan hasil langkah pertama : target posisi dan perusahaan yang Anda bidik  . Bila Anda mengikuti dua langkah ini dengan baik, maka akan mudah sekali Anda membuat curriculum vitae dalam dua halaman saja namun powerful penuh dengan selling point. Namun bila setelah melakukan dua langkah ini panjang curriculum vitae Anda tetap lebih dari dua halaman, maka lakukan langkah ketiga :

Langkah ketiga : memotong informasi yang paling lemah selling point-nya


Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Pada langkah ketiga ini Anda harus berani membuang informasi-informasi yang memiliki selling point paling lemah. Bila Anda sudah mengikuti dua langkah sebelumnya dengan benar, dan memastikan bahwa halaman pertama curriculum vitae hanya berisi informasi paling utama, maka yang harus Anda potong dan buang hanyalah informasi-informasi pada halaman kedua dan selanjutnya :
I.                Potong dan buang informasi yang paling tidak sesuai dengan hasil langkah pertama : target posisi dan perusahaan yang Anda bidik 
II.            Potong dan buang informasi tentang pendidikan non formal atau pengalaman organisasi yang terjadi pada lebih dari lima tahun yang lalu.
III.         Bila Anda memisahkan informasi tentang uraian kerja dari riwayat pekerjaan, maka potong dan buang uraian kerja yang kurang menunjukkan peran strategis Anda dalam perusahaan

Curriculum vitae yang hanya terdiri dari dua halaman namun powerful penuh selling point adalah curriculum vitae yang berkualitas sesuai kelas Anda. Anda pasti bisa membuatnya dengan mengikuti 3 langkah tersebut. Namun, Anda juga bisa mendapatkan curriculum vitae yang elegant dengan bantuan Jasa Profesional Penulis Curriculum Vitae pada Penuliscvprofesional.com atau hubungi WA 081555882600.


Jasa Pembuatan Curriculum Vitae



Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔