4 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Sampingan

Senin, Mei 16, 2016
Mendapatkan penghasilan tambahan adalah idaman banyak orang. Apalagi bagi karyawan yang punya penghasilan tetap sementara kebutuhan hidup begitu besar, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai tanggungan anak yang sudah bersekolah.
Selain para karyawan - membuka usaha sampingan juga dilakukan oleh mereka yang menjelang purna tugas (pensiun) atau bahkan setelah mereka pensiun. Memang untuk golongan yang kedua ini, mempunyai usaha sampingan bukan semata-mata untuk menambah jumlah pemasukan, tetapi terkadang untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Namun untuk memulai usaha sampingan bagi sebagian besar orang kadang tidak mudah karena tidak mengetahui harus memulai darimana, bahkan tidak jarang karena "buta jalan" untuk memulai maka terkadang malah sekedar ikut-ikutan teman atau trend. Karena ikut-ikutan trend sudah investasi yang besar, maka tidak jarang pula jika justru yang didapatkan bukan keuntungan malah rugi puluhan juta.

Masalah lainnya ketika tidak mengetahui cara memulainya terkadang pada saat menjalani usaha (bisnis) tersebut biasanya ada hambatan atau bahkan tidak segera "menghasilkan" - karena tidak mengetahui solusi atau bagaimana mengatasi hambatan yang dihadapi, tidak jarang malah justru berhenti di tengah jalan dan tidak meneruskan lagi, atau bahkan ganti dengan bisnis yang lain. Saat berganti dengan bisnis baru yang lainpun jika tidak tahu apa yang harus dilakukan maka akan terjadi hal-hal yang sama. Akhirnya seperti lingkaran setan yang tidak jelas ujung pangkalnya.

Oleh karena itu pada artikel ini kami berikan tips bagaimana memulai sebuah usaha sampingan agar anda tidak terjebak seperti apa yang dijelaskan di atas.

1. Mengetahui Kecenderungan dan Potensi Anda

Banyak literatur yang mengatakan cara termudah untuk memulai bisnis adalah sesuai dengan hobi atau passion anda, karena melakukan sesuatu yang disukai akan membuat nyaman dalam melakukannya terutama ketika saat menghadapi hal-hal yang sulit pada saat merintis usaha tersebut. 

Jika anda belum mengetahui apa kecenderungan dan potensi anda, ada banyak tool (alat)atau tes untuk membantu anda mengetahui potensi anda yang terpendam. Anda bisa mencari informasi melalui Google. Ada yang berbayar ada pula yang gratis, atau jika anda ingin mencoba yang gratis bisa menggunakan tes Multiple Intelligence online gratis (Berbahasa Inggris) seperti di situs www.mypersonality.info atau juga bisa mengunduh melalui situs www.businessballs.com - Adapun contoh hasil dari tes tersebut seperti ini:
Hasil Tes Potensi Diri



Dari contoh di atas anda bisa mengetahui kecenderungan potensi diri anda. Misalkan dari data di atas anda lihat ada beberapa potensi yang bisa anda jadikan sumber ide untuk memulai usaha (bisnis) sampingan.

2. Riset Peluang Bisnis Sesuai Potensi Anda

Setelah anda melakukan langkah pada poin pertama di atas dan mengetahui kecenderungan dan potensi anda "yang terpendam" maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset tentang peluang bisnis apa saja yang sesuai hasil dari langkah pertama tadi.
Anda bisa memanfaatkan google untuk melakukan hal tersebut, misalnya dengan mengetikkan kata kunci "Multiple Intelligence and Career" - atau "Potensi Karir dan Kecerdasarn Majemuk" - atau anda bisa mencoba situs bestcareermatch.com - Sedangkan hasilnya seperti contoh di bawah: 

 
Potensi Diri dan Peluang Bisnis


Jika anda mau lebih jauh melakukan riset di google, maka akan semakin banyak peluang yang bisa anda temukan. misalkan saja, anda punya potensi besar di bidang tulis-menulis, maka silahkan dicari di google dengan kata kunci misalnya "What kind of business for writer" atau "How to get money by writing" atau "Cara Mendapatkan Uang Dengan Menulis" . Silahkan dikumpulan hasil riset anda tersebut dan buatlah daftar
Nah, sekarang anda sudah mengetahui ternyata banyak sekali peluang bisnis yang bisa anda kerjakan dan berpontensi menambah penghasilan anda

3. Bergabung Komunitas, Ikut Pelatihan dan Kursus

Untuk memantapkan pilihan anda menjalani sebuah bisnis sampingan yang akan anda kerjakan, maka anda bisa bergabung di komunitas-komunitas sesuai dengan potensi dan kecenderungan anda. 

Sekali lagi anda bisa memanfaatkan google atau media sosial seperti facebook untuk mencari komunitas yang anda inginkan. Di facebook anda bisa menemukan berbagai macam komunitas hobi seperti: kuliner, desain, menulis, otomotif, internet marketing dan lain-lain. Selain itu komunitas tersebut ada yang berbasis lokal semua tempat tinggal anda. misalnya, komunitas fotografi di Malang, atau komunitas kuliner di Surabaya dan seterusnya.
Dari pengalaman beberapa teman dekat saya, mereka banyak sekali menemukan inspirasi untuk memulai bisnis sampingan, menambah ragam (diversivikasi) produk dan bahkan meningkatkan omzetnya.

Seorang teman pernah bercerita, ada keluarganya yang mendapatkan ide usaha kuliner setelah bergabung dengan grup Kuliner di Facebook yang anggotanya ribuan. Di grup tersebut hampir tiap hari ada yang posting berbagai macam resep hasil kreasi mereka sendiri. Selain berbagai resep, ada juga yang berbagi kesukesan mereka menjual resep makanan/kue tertentu disertai berapa biaya yang harus dikeluarkan dan bagaimana cara memasarkannya.

Selain bergabung dengan komunitas adan juga bisa meningkatkan kemampuan anda dengan cara mengikuti pelatihan atau kursus misalnya: kursus internet marketing, kursus menulis, kursus fotografi dan sebagainya.

Keuntungan dari mengikuti pelatihan tersebut adalah selain menambah keterampilan - anda bisa mendapatkan jejaring (networking) atau bahkan peluang bisnis yang sesuai dengan bidang yang anda sukai dari pelatih atau bahkan sesama peserta pelatihan.
Sekedar tips, sebelum anda mengikuti kursus, silahkan anda cari yang sesuai dengan budget yang anda punyai dan reputasi dari kursus yang akan anda ikuti.

4. Membuat Rencana Bisnis

Meski hanya usaha sampingan, tidak ada salahnya anda membuat rencana bisnis (business plan) bagi usaha anda. Dengan membuat rencana binsis anda bisa mengetahui dana yang harus anda keluarkan untuk investasi awal berapa, dan berapa perkiraan pendapatan dan pengeluaran per bulannya sehingga anda mengetahui perkiraan berapa lama modal tersebut akan kembali. 

Adanya Rencana bisnis bisa membantu anda untuk merumuskan strategi pemasaran dan bagaimana bisnis tersebut anda jalankan. 

Sedangkan untuk membuat rencana bisnis tersebut anda bisa membacanya melalui referensi yang banyak di internet, atau jika anda meminta bantuan orang lain yang sudah berpengalaman untuk membuat dan menyusun rencana bisnis tersebut. 

Itulah 4 hal yang perlu anda lakukan sebelum anda memulai usaha sampingan untuk menambah penghasilan anda selama ini.

Share this :

Previous
Next Post »
4 Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus
avatar

Menunggu post berikutnya tentang tips menyusun rencana bisnis... 😀

Balas
avatar

in syaa Allah... keep tune aja.. :)

Balas
avatar

silahkan jika berkenan dilihat postingan ini http://www.jobhuntingcenter.com/2016/05/5-pertanyaan-sebelum-bisnis-plan-usaha.html

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔