Cara Cerdas Mendapatkan Pekerjaan Yang Anda Inginkan

Selasa, April 26, 2016
www.pixabay.com

Banyak sekali para pemburu kerja yang merasa "telah melakukan banyak cara" untuk mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Tetapi ternyata "banyak cara" tadi tak lain dan tak bukan adalah hanya "satu cara" yang dia lakukan hanya saja diulang beberapa (banyak) kali.

"Satu Cara" apa itu?

Ya, dia hanya menggunakan "cara konvensional" yaitu hanya dengan mencari lowongan pekerjaan di koran cetak (offline) atau berburu lowongan pekerjaan yang ada di situs-situs penyedia informasi lowongan pekerjaan. Kemudian setelah "menemukan lowongan" yang dianggap cocok maka dia mengirimkan surat lamaran, baik melalui pos/jasa ekspedisi ataupun melalui email.

Dan tahukah Anda akan hasilnya?

NIHIL alias NOL

Ya, job hunter (pemuburu kerja) sejati adalah mereka yang mengetahui "dimana" dan "bagaimana" pekerjaan yang diingkan itu bisa dia dapatkan.

Dia pasti tahu dan pernah membaca bahwa ternyata banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang menarik justru "tidak diumumkan" di koran atau melalui media online. Tetapi pekerjaan tersebut justru diumumkan melalui banyak cara: pemberitahuan di kalangan internal (karyawan) perusahaan, rekomendasi atau permintaan khusus, dari mulut ke mulut, melalui forum-forum atau komunitas hobi atau profesi, melalui relasi atau jejaring sosial dan pesan instan, atau bahkan melalui broadcast pada daftar kontak orang yang mencari tenaga kerja dan masih banyak lagi

Jika dia sudah mengetahui tentang bagaimana banyaknya lowongan pekerjaan itu disebarkan, tentu saja sebagai job hunter sejati anda harus "menyiapkan jaring" yang besar dan sebanyak-banyaknya - sehingga memungkinkan anda lebih cepat dan bisa "menangkap lowongan" tersebut pada saat yang tepat.
Tentu saja diperlukan banyak persiapan untuk menyiapkan jaring tersebut

1. Melakukan Assesment Diri,

Anda harus benar-benar mengetahui pekerjaan seperti apa yang anda inginkan dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk pekerjaan (profesi) tersebut. Untuk itu anda harus lakukan riset sebanyak-banyaknya, baik melalui internet atau bertanya langsung kepada orang-orang yang berprofesi seperti yang hendak anda lamar (dapatkan).

Bisa jadi hal ini membutuhkan waktu yang agak lama, tetapi yakinlah jika anda sudah mengetahui pekerjaan macam apa yang anda inginkan maka anda sudah melakukan persiapan yang cukup bagus untuk segera mendapatkan pekerjaan tersebut.

Jika anda kesulitan melakukan assesment sendiri tidak ada salahnya anda meminta bantuan profesional yang paham bagaimana menggali potensi diri dan membimbing para pemburu kerja, misalnya saja anda bisa hubungi admin situs ini.

Setelah anda melakukan assesment maka kumpulkan data-data itu untuk digunakan dalam menyusun resume atau Curriculum Vitae anda.

2. Menyiapkan Resume Dan Portofolio yang Menjual

Resume atau CV yang bagus dan tepat sasaran akan membuka peluang bagi sang pemburu kerja sejati lebih besar daripada mereka yang membuat resume/CV secara asal-asal dan acak-acakan.

Buatlah resume singkat - yaitu berupa kartu nama - baik secara cetak dan digital - yang memuat kompetensi utama anda yang bisa anda gunakan dan berikan (sebarkan) kepada orang-orang yang memungkinkan memberikan informasi yang anda butuhkan atau menyebarkan di forum-forum atau untuk kebutuhan melakukan poin ke 4 di bawah.

Jika anda kesulitan membuat resume atau curriculum vitae yang menjual anda bisa menghubungi www.penuliscvprofesional.com yang akan membantu anda menyusun dan membuat resume atau CV yang elegan dan profesional.

3. Berdoa Sebanyak-banyaknya

Sebelum melakukan langkah ke-4, maka sebaiknya anda berdoa dulu, minta kepada Allah SWT agar usaha anda dimudahkan. Selain itu akan dengan berdoa akan membuat anda lebih sabar dan tangguh dalam mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan, apalagi jika membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ya, terkadang banyak job hunter pemula, tidak sabaran dalam memperoleh hasil dari apa yang dia usahakan. Jika kondisinya seperti itu, tentu akan membuat stress dan jika berkelanjutan justru akan semakin menurunkan semangat untuk tetap memburu pekerjaan idaman.

Oleh karenanya seorang job hunter sejati adalah mereka yang memiliki "kesehatan mental" yang prima, sehingga dia bisa bertahan dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

Silahkan cari di google tentang pentingnya doa bagi kesehatan mental, agar anda tetap semangat dan gagah menjemput pekerjaan impian

4. Menyebarkan Kualifikasi dan Komptensi Anda

Setelah anda siapkan segala "perlengkapan" dan "jaring" untuk menjemput pekerjaan impian anda, maka langkah berikutnya adalah menyebarkan seluruh jaring yang sudah anda siapkan tadi ke berbagai tempat dan cara. Namun sebelum anda menyebarkan kail dan jaring anda ada baiknya anda membuat beberapa model "iklan" atau pemberitahuan yang hendak anda sebar melalui berbagai saluran yang anda gunakan.

Berikut, beberapa contoh kalimat yang bisa anda sesuaikan menurut target/sasaran atau media yang anda gunakan untuk menyebarkan informasi tentang anda:
 
Selamat pagi, teman-teman, jika anda mempunyai informasi tentang lowongan pekerjaan yang mempunyai kualifikasi seperti ....... - sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada saya.Thanks sebelumnya, "

Semoga hari ini anda diliputi kebahagiaan dan kesehatan selalu. Maaf numpang lewat, jika ada yang butuh seorang tenaga desain grafis yang berpengalaman baik freelance maupun full time silahkan kontak no 08xxx... untuk portofolio lihat di bit.ly/portofolioku "
 
Assalamaualaikum. Maaf Mengganggu. Om, Tante, Pakde, Bude, kalau ada info lowongan tenaga desain grafis berpengalaman, bisa kontak saya - Terima Kasih.. 
 
dan seterusnya, silahkan membuat sesuai dengan kualifikasi anda dan sesuai dengan media tempat menyebarkan jejaring anda.

Nah, berikut beberapa media tempat anda menyebarkan "jaring" anda: :
  • Kontak BBM
  • Grup WA: Alumni, Hobbist, Profesi dll
  • Kontak Telpon : Keluarga, Saudara, Teman dll
  • Media Sosial Facebook, Twitter, Blog, Youtube, dll
  • Silaturahim - Berkunjung langsung - Temui minimal 10 orang yang berprofesi seperti yang anda inginkan dan ceritakan anda mencari pekerjaan seperti mereka saat ini.

5. Sabar dan Tawakal

Setelah Anda melakukan itu semua, saatnya anda bersabar menunggu hasil dari kerja keras anda.
Ingat bersabar disini bukan berhenti berusaha dan berkreasi memikirkan cara yang mungkin lebih efektif- tetapi tetep konsisten dan tetap berjuang.

Sedangkan tawakal adalah menyerahkan hasilnya kepada Allah agar anda tidak stress saat menunggu yang mungkin "butuh waktu agak lama" - karena menurut sebuah referensi job hunting sejati (yang senantiasa berusaha dengan gigih dan kreatif) membutuhkan waktu antara 2 sampai 35 minggu untuk mendapatkan pekerjaan.

Ya, 35 minggu adalah waktu yang bisa membuat stress jika anda tidak benar-benar siap sebagai job hunter sejati

Bagaimana?

Sudah siapkah anda?

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔