3 Pembeda Anda dengan Pengemis Kerja

Sabtu, Februari 15, 2014
Melamar pekerjaan sejatinya menawarkan diri menjadi solusi masalah tenaga kerja di perusahaan. Anda dan perusahaan yang menyediakan lowongan saling membutuhkan, memiliki derajat yang sama, setara. Anda bukanlah pengemis pekerjaan.

Sejatinya perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa menjadi asset berharga perusahaan. Perusahaan tidak butuh pengemis pekerjaan yang hanya akan menjadi beban perusahaan. Meskipun Anda memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengalaman, bila sikap Anda seperti pengemis pekerjaan maka perusahaan akan menganggap Anda bukan orang yang tepat.

Ada 3 hal yang minimal harus Anda miliki untuk membedakan dengan pengemis pekerjaan.

1. Anda memiliki potensi yang bagus  dan bermanfaat bagi perusahaan.

Anda melamar pekerjaan, mendatangi wawancara kerja membawa produk yang bagus dan sangat tepat bagi kebutuhan perusahaan. Kemampuan, keterampilan, dan pengalaman Anda adalah solusi bagi perusahaan.
Pengemis pekerjaan datang melamar pekerjaan tanpa memiliki apa-apa. Mereka hanya membutuhkan belas kasihan perusahaan agar dipekerjakan. Karena itu pengemis pekerjaan akan menerima pekerjaan apapun yang diberikan kepada mereka.

2. Anda sudah memiliki range harga potensi Anda sesuai kualitasnya.

Anda yang paling tahu sebaik apa kemampuan Anda. Tidak ada seorangpun yang tahu level kemampuan Anda, maka Anda sendiri yang berhak menentukan kisaran harga produk jasa yang Anda tawarkan. Perusahaan berwenang menentukan kebijakan remunerasi, tapi Anda berhak menolak bila merasa tidak sesuai dengan nilai produk Anda.
Pengemis pekerjaan tidak punya cukup harga diri untuk menentukan harga. Mereka akan menerima berapapun gaji yang akan mereka terima.

3. Anda berani menjamin kualitas potensi Anda.

Anda berani pasang tarip karena Anda yakin dengan kualitas diri Anda sendiri. Setinggi apa pun harga yang Anda tentukan akan mudah diterima bila Anda menjamin kualitasnya. Anda berani komitmen dan menerima tawaran masa percobaan dari perusahaan.
Keberanian Anda menjamin kualitas sangat dipengaruhi keyakinan Anda. Keyakinan terhadap kualitas diri sangat  dipengaruhi pengalaman menghasilkan sesuatu menggunakan kemampuan dan keterampilan.
Bagi Anda yang fresh graduate secara resmi belum memiliki pengalaman kerja, tapi bukan berarti Anda belum punya pengalaman mengaplikasikan kemampuan dan keterampilan. Tingkatkan keyakinan Anda dari pengalaman-pengalaman non formal itu.

Pengemis pekerjaan tidak pernah berani berkomitmen dan pasti ragu bisa melewati masa percobaan.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔