10 Kesalahan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Kamis, Februari 20, 2014

Wah, membuat surat lamaran bisa salah ya?

Iya bisa, tetapi tentu saja kami berharap anda tidak akan melakukan beberapa kesalahan yang sering terjadi pada penulisan surat lamaran anda.


Apa saja kesalahan itu?


1. Ditulis Tangan!, saat ini tentu saja berbeda dengan jaman kakek dan nenek kita di era sebelum tahun 2000-an. Bagi sebagian besar perusahaan dan institusi, kemampuan menggunakan program perkantoran (baik dari MS Office atau OpenOffice / Libre Office) adalah menjadi sebuah keharusan. Jadi ketika anda menulis surat lamaran dengan tangan tentu saja anda akan terlihat tidak menguasai software perkantoran, apalagi kalau mengirim surat lamarannya menggunakan email. Susah, kan? 

2. Layout acak-acakan! Ingat menulis surat lamaran, CV atau Resume, tidak sama dengan menulis skripsi atau tugas akhir di kampus yang tidak mementingkan layout (tata letak) saat anda mengetik surat anda. Semakin “tampilan” berkas surat lamaran anda tertata dengan bagus, tentu akan lebih menarik perhatian bagi calon bos anda. Kalau anda kurang bisa melakukan tata letak silahkan hubungi www.jasaghostwriter.com untuk membantu anda. 


3. Memborong semua Sertifikat! Jika anda seorang kandidat spesial, maka hanya perlu melampirkan sertifikat yang memang relevan dengan posisi yang akan anda lamar. Jadi jangan pernah melampirkan sertifikat juara satu lomba karaoke untuk melamar tenaga teknisi jaringan komputer. 

4. Banyak Salah Ketik. Kesalahan ketik pada surat lamaran, CV atau resume anda mengindikasikan bahwa: Pertama, anda tidak serius apalagi jika sampai salah menuliskan nama perusahaan. Kedua, anda ceroboh. Dari kesalahan itu orang akan menilai bahwa anda adalah orang yang ceroboh dan tidak cermat dalam pekerjaan. Yang paling parah kalau orang menilai bahwa itu adalah indikasi dari kemalasan. Oleh karena itu pastikan untuk membaca ulang sebelum anda mengirim surat lamaran. Sebab surat lamaran adalah kesan pertama anda pada calon bos anda. 

5. Banyak Tip-ex di sana-sini. Ini juga bisa terjadi, jika mengirimkan surat lamaran melalui pos/jasa eskepedisi. Jika memang ada kesalahan tulisan maka benahilah dan tulislah lagi (jika harus memakai tulisan tangan) atau print ulang kalau menggunakan program pengolah kata di komputer. 

6. Menjiplak Template. Sekarang ini sangat mudah sekali mencari contoh surat lamaran , CV atau resume dalam format DOC yang bisa diubah sesuai keinginan (template). Tentu hal ini memudahkan anda, tetapi masalahnya adalah jika anda mencotoh surat lamaran, CV atau resume tersebut secara “plek” apa adanya. Ingat surat lamaran, CV atau Resume bukan undangan nikah, jadi isinya harus berbeda dan sesuai serta terkait dengan setiap posisi yang hendak dilamar, oleh karena itu anda harus benar-benar mengetahui apa yang diinginkan perusahan dan memberikan persyaratan yang diminta. 

7. Menceritakan “Pengalaman Buruk” di tempat kerja yang Lama! Memang kebanyakan hal itu terjadi saat wawancara kerja, tetapi juga tidak menutup kemungkinan ada beberapa perusahaan yang meminta menuliskannya dalam surat lamaran atau CV/Resume alasan anda keluar dari pekerjaan sebelumnya. Jadi, bersikaplah bijak dengan tidak menceritakan pengalaman negatif anda di tempat kerja yang lama. Apalagi dunia saat ini semakin sempit, bisa saja calon bos anda ternyata mengenal pemilik perusahaan atau bos yang anda kritik tersebut.


8. Mengirimkan Beberapa Surat Sekaligus! Ya, sekali lagi surat lamaran kerja bukan undangan nikah! Seharusnya surat lamaran kerja untuk satu perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya. Jangan pernah membuat satu surat lamaran kerja dan hanya mengganti alamat tujuannya. Ini adalah cara yang paling buruk untuk memasarkan diri anda kepada perusahaan. Memang beberapa perusahaan mengijinkan mengirim surat lamaran via lewat email, tetapi harap diingat jangan mengirim satu surat lamaran kepada banyak perusahaan dalam email yang sama dengan cara me-CC atau BCC dalam email anda.


9. Menggunakan Email, blog, akun sosial dengan Bahasa Gaul dan Alay. Anda pasti tidak akan sembrono membuat surat lamaran dengan gaul (tidak standar atau tidak resmi) akan tetapi mungkin ada hal kecil yang anda lupakan ketika menampilkan alamat email atau blog (yang memuat portofolio), akun sosial media anda, dengan nama akun yang “aneh” seperti : cewekcakep@gmail.com, calonorangterkenal@yahoo.com, atau http://orangbeken.blospot.com Jika saat ini anda masih mempunyai alamat email/blog seperti itu, segera buat akun yang baru – boleh saja email atau blog gratisan tetapi jangan sampe memakai nickname yang gaul.


10. Tidak Mencantumkan Posisi yang dilamar dengan Jelas! – Jika untuk keperluan magang di sebuah perusahaan tidak mencantumkan posisi pekerjaan yang dilamar tidak masalah. Akan tetapi saat anda melamar sebuah lowongan pekerjaan, adalah wajib mencantumkan posisi pekerjaan yang jelas. Oleh karena itu pastikan sebelumnya posisi apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.


*****

gambar diambil dari http://www.guiaji.com.bo/










Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔