3 Fakta tentang Petugas Penguji Wawancara Kerja (1)

Jumat, Februari 21, 2014
Wawancara adalah ujian yang kemungkinan subyektifitasnya sangat tinggi. Pejabat pewawancara  atau petugas penguji wawancara kerja yang menentukan Anda diterima atau tidak, dan para pimpinan perusahaan hampir jarang bertanya terlalu dalam alasannya apa. Sebijak apapun seorang pejabat pewawancara, keputusannya pasti dipengaruhi suasana hatinya.

Ada  3 fakta yang tidak boleh Anda abaikan tentang pejabat pewawancara. Bila Anda memperhatikan ini sebagai landasan bersikap maka peluang Anda diterima bisa meningkat, yaitu bahwa petugas penguji wawancara kerja adalah :
  1. Manusia biasa.
  2. Pejabat sibuk.
  3. Bertugas mencari karyawan yang terbaik, sebuah tugas berat dari perusahaan.

Manusia biasa

Meminjam syair lagu ‘Serius Band’ : “Pewawancara juga manusia punya rasa punya hati… Jangan samakan dengan pisau belati…”
Mereka manusia yang punya perasaan, memiliki emosi. Memang idealnya seorang pewawancara harus obyekif dan fair dalam menilai dan memutuskan kandidat karyawan yang lulus test wawancara kerja, tetapi Anda tidak bisa menghindari fakta ini. Karena itu, meskipun Anda memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik Anda harus bersikap yang membawa pengaruh baik bagi suasana hati pejabat pewawancara.
Ada beberapa sikap yang bisa Anda lakukan untuk mempengaruhi suasana hati pejabat pewawancara

-       Senyum ramah dan tulus. Sedikit banyak senyum Anda akan mempengaruhi suasana hati petugas penguji wawancara kerja. Banyak kandidat karyawan yang kesulitan tersenyum karena gugup atau grogi.
-       Memaksimalkan  kebersihan kepala dan pakaian
-       Mengetahui nama pejabat pewawancara dan menyebutnya saat dialog. Biasanya saat Anda masuk ke ruang wawancara mereka mengenalkan diri, tapi Anda boleh bertanya kepada petugas penerimaan sebelum masuk ruangan. Atau Anda tanyakan langsung kepada yang bersangkutan sebelum menjawab pertanyaan. Siapa pun orangnya akan merasa nyaman bila namanya dikenal dan disebut. Menyebutkan nama dalam pembicaraan juga membuat Anda dan mereka terhubung dengan kuat dan membangun suasana akrab.
-       Menyampaikan ucapan terima kasih selesai wawancara karena Anda sudah diberi kesempatan

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔