Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja tentang Gaji pada Perusahaan Moderat

Senin, Juni 22, 2015
Dalam artikel “Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja tentang Gaji” dibahas tentang dua jenis perusahaan yang memiliki pandangan berbeda tentang hak meminta gaji bagi calon karyawan. Dalam artikel tersebut juga sudah dibahas tentang tips menjawab pertanyaan tentang gaji saat wawancara kerja pada perusahaan konservatif.

Dalam artikel ini kita akan melanjutkan pembahasan dengan tips menjawab pertanyaan tentang gaji saat wawancara kerja pada perusahaanmoderat.

Sebagian besar perusahaan swasta murni adalah termasuk jenis perusahaan moderat. Pada perusahaan jenis ini gaji sangat variatif tergantung level posisi pekerjaan dan tingkat kemampuan atau kapasitas karyawan. Sebagian perusahaan milik Negara, atau BUMN, pada level jabatan  tertentu juga sudah mulai menerapkan penetapan gaji berdasarkan kompetensi pemangku jabatan, sehingga pada level posisi yang sama gajinya bisa berbeda.

Perusahaan jenis ini akan menggaji karyawan berdasarkan permintaan sang calon karyawan selama calon karyawan tersebut memiliki sesuatu yang menguntungkan perusahaan. Meskipun Anda memiliki keterampilan yang sangat menguntungkan perusahaan, tetapi Anda meminta gaji tidak terlalu tinggi, maka sebesar itu pula perusahaan menggaji Anda.

Bila Anda akan menghadapi wawancara kerja pada perusahaan moderat :

1.      Lakukan riset besaran gaji berdasarkan posisi/jabatan
Saat ini riset seperti ini mudah dilakukan dengan banyaknya informasi yang beredar di internet. Bila Anda tidak menemukan besaran gaji pada posisi dalam perusahaan yang mengadakan wawancara kerja, Anda bisa mencarinya pada posisi yang sama di perusahaan lain yang sejenis.

2.    Lakukan riset besaran gaji berdasarkan kompetensi Anda.
Selain berdasarkan posisi, Anda juga perlu mengumpulkan informasi besaran gaji berdasarkan kompetensi, keahlian, keterampilan, dan kualifikasi. Apalagi bila Anda memiliki keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, dan jarang orang yang memiliki keterampilan tersebut.

3.    Pelajari kekuatan finansial perusahaan
Memang Anda tidak mungkin melakukan riset mendalam tentang kekuatan finansial perusahaan yang memanggil Anda, tapi secara sederhana Anda bisa membuat penilaian. Perhatikan jenis produk perusahaan, pasar produk perusahaan, penampakan fisik perusahaan, kesejahteraan karyawan. Hasil pengamatan Anda ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk bahan pertimbangan perlu tidaknya menghadiri undangan wawancara kerja.

4.    Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya
Kumpulkan informasi point 1-3 sebnayk-banyaknya, masukkan dalam sebuah table, dan buat kisaran gaji yang Anda inginkan berdasarkan data-data tersebut.

Selain berdasarkan data-data yang sudah Anda dapatkan, gaji yang Anda minta juga berdasarkan tingkat kebutuhan mencari kerja :

a.     Harus secepatnya bekerja, secepatnya pindah kerja
Pada tingkat ini Anda sedang dalam kondisi kritis, harus segera bekerja karena sudah lama menganggur dan butuh penghasilan, atau dalam posisi kerja saat ini sangat tidak nyaman sehingga Anda sudah tidak tahan lagi bekerja lebih lama. Pada tingkat ini Anda sebaiknya minta gaji pada range terendah dari data yang ada.

b.    Mendapatkan pekerjaan yang sesuai
Pada tingkat ini Anda menginginkan pekerjaan yang sesuai keterampilan dan kualifikasi, tidak terlalu berharap gaji tinggi. Anda bisa minta gaji pada kisaran tengah dari data yang ada.

c.     Mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, yang terbaik.
Anda menginginkan pekerjaan dengan gaji dan kesejahteraan yang tinggi. Meskipun Anda sedang tidak punya pekerjaan tetap tapi kebutuhan hidup sudah tercukupi dari berbagai sumber pendapatan sehingga tidak terdesak untuk segera bekerja, punya waktu untuk memilih-milih perusahaan yang bersedia memberi gaji tinggi. Atau Anda sudah bekerja pada posisi yang nyaman dengan gaji yang cukup memuaskan, dan ingin mendapatkan gaji lebih tinggi. Pada tingkat ini Anda bisa minta gaji pada kisaran tertingi, atau bahkan lebih tinggi.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔