Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja tentang Gaji

Kamis, Maret 19, 2015
Pertanyaan tentang gaji dalam wawancara kerja dianggap sebagai pertanyaan dengan jawaban yang paling sulit oleh para pencari kerja. Mereka menganggap pertanyaan tentang gaji adalah pertanyaan yang sensitif, perlu berhati-hati dalam menjawabnya.

Sebelum membahas jawabannya, mari kita bahas dulu jenis-jenis perusahaan berdasarkan alasan mengajukan pertanyaan tentang gaji dalam wawancara kerja :

1.     Konservatif
Perusahaan jenis ini sebenarnya sudah memiliki standard baku tentang gaji karyawan sesuai levelnya. Anda akan menerima gaji sesuai posisi yang akan Anda masuki yang sudah ditentukan, apapun jawaban Anda. Ada beberapa alasan petugas pewawancara di perusahaan jenis ini mengajukan pertanyaan tentang gaji :

-    Sekedar basa-basi
-    Menguji keyakinan Anda seberapa besar menilai kemampuan diri
-    Pertimbangan seleksi. Bila terdapat lebih dari satu kandidat karyawan yang memiliki potensi dan keunggulan yang setara, maka yang dipilih adalah yang meminta gaji sama atau lebih kecil dari standard perusahaan. Logikanya : karyawan yang merasa digaji sesuai atau lebih dari keinginan akan memiliki motivasi kerja lebih besar daripada karyawan yang merasa digaji lebih rendah dari keinginan.
-   Mendapatkan input untuk pertimbangan bila suatu saat perusahaan akan melakukan reformasi besaran gaji karyawan.

Perusahaan milik negara atau BUMN biasanya termasuk jenis perusahaan konservatif ini.

2.     Moderat.
Perusahaan jenis ini bersedia menggaji karyawannya berdasarkan kesepakatan saat wawancara kerja. Pada perusahaan jenis ini akan ditemukan gaji yang berbeda di antara karyawan yang memiliki level posisi yang sama. Karena itu, biasanya pimpinan Divisi SDM akan memainkan besaran beban kerja. Meskipun level posisinya sama karyawan yang memiliki gaji lebih besar akan mendapatkan beban kerja yang lebih berat.
Perusahaan-perusahaan modal swasta adalah yang termasuk dalam perusahaan jenis ini.

Karena itulah sangat penting mencari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang memanggil Anda untuk wawancara kerja.
Berikut beberapa contoh jawaban wawancara kerja tentang gaji bila perusahaan yang memanggil Anda termasuk jenis konservatif :

       “Saya yakin perusahaan Bapak sudah memiliki kebijakan tentang besaran gaji karyawan yang sesuai berdasarkan posisi dan beban kerja. Saya akan menerima kebijakan perusahaan tersebut”

        “Saya yakin Bapak akan memberi gaji sesuai manfaat yang saya berikan untuk perusahaan.”

        “Sebagai karyawan baru, bila diterima kerja, saya akan fokus berkarya maksimal untuk kemajuan perusahaan, dan  saya yakin perusahaan sudah memiliki formula tentang gaji yang pantas bagi saya untuk itu”

Bila perusahaan tersebut memang jenis konservatif biasanya petugas pewawancara tidak melanjutkan pertanyaan tentang gaji kepada Anda.

Bagaimana bila yang memanggil Anda perusahaan jenis moderat? Bagaimana bila petugas pewawancara terus mengejar untuk menyebutkan nominal gaji yang Anda inginkan?


Bersambung…

gambar dari http://www.salary.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔