Kesalahan Kedua dari 3 Mindset Salah dalam Menulis Curriculum Vitae

Senin, Juni 29, 2015
Pada kesalahan pertama dari 3 Mindset Salah dalam Menulis Curriculum Vitae pencari kerja tidak berusaha mengenali dirinya sendiri dengan baik sehingga gagal menampilkan keunggulan secara spesifik dalam curriculum vitae.


Bila kesalahan pertama sudah diperbaiki, yang berarti pencari kerja sudah mengenali dirinya sendiri sehingga mampu menyebutkan keunggulan-keunggulan untuk ditawarkan, maka selanjutnya pencari kerja harus mampu mengomunikasikannya dengan maksimal kepada perusahaan. Dalam proses komunikasi inilah terjadi kesalahan mindset yang kedua : menganggap curriculum vitae hanyalah formalitas semata.

Para pencari kerja banyak yang menganggap curriculum vitae hanya sebagai suatu proses surat menyurat formal, sehingga mereka menggunakan format/template yang (mereka anggap) baku atau standard. Padahal sejatinya tidak ada format baku dalam menulis curriculum vitae, kecuali untuk melamar sebagai PNS atau Instansi Pemerintah. Tidak pernah ada konsensus nasional maupun internasional yang mengeluarkan aturan baku penulisan curriculum vitae, Anda bebas berkreasi dalam menuliskannya.

Curriculum vitae bukanlah suatu korenspondensi formal semata, tapi suatu proses start up kerjasama professional dua belah pihak : antara Anda sebagai calon karyawan dengan pihak perusahaan. Kualitas profesionalitas curriculum vitae sangat menentukan apakah Anda terpilih untuk mengikuti proses selanjutnya atau tidak.

Ciri curriculum vitae yang professional di antaranya adalah bersifat spesifik dan spesial. Curriculum vitae Anda harus berisi hal-hal yang spesifik, keunggulan-keunggulan yang spesifik. Curriculum vitae Anda harus spesial, spesial untuk setiap perusahaan yang Anda tuju. Menuliskan curriculum vitae yang sama untuk semua lowongan kerja yang Anda lamar menunjukkan ketidakprofesionalan.


Setiap kali menulis sebuah curriculum vitae Anda harus berfikir dan membayangkan sedang berkomunikasi langsung dengan pihak perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, masing-masing.

Bila Anda ingin mendapatkan bantuan membuat sebuah curriculum vitae yang profesional silakan hubungi penulisCVpro@gmail.com atau kunjungi situsnya http://www.penuliscvprofesional.com.
Gambar dari www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔