3 Mindset Salah dalam Menulis Curriculum Vitae

Sabtu, Juni 20, 2015
Proses mencari kerja adalah fase penting dalam kehidupan karir seseorang, khususnya menulis dan mengirimkan curriculum vitae/resume. Karena fase yang penting, bahkan yang terpenting, seorang pencari kerja harus melakukannya dengan benar-benar serius. Sayangnya banyak para pencari kerja melakukan yang sebaliknya.

Mereka gagal melalui fase pencarian kerja dengan maksimal sehingga gagal juga mendapatkan hasil yang terbaik karena memiliki mindset yang salah.

Berikut 3 Mindset salah dalam melakukan pencarian kerja, khususnya menulis curriculum vitae :

1.      Tidak (berusaha) mengenali diri sendiri
Melamar kerja adalah proses memasarkan diri, menjual diri kepada perusahaan. Dalam proses pemasaran atau penjualan harus jelas kelebihan-keunggulan apa yang ditawarkan kepada pembeli. Proses pemasaran dan penjualan yang baik juga memiliki target pasar yang jelas, sesuai dengan karakter produk. Banyak para pencari kerja yang melakukan pemasaran dan penjualan diri tanpa menampilkan keunggulan spesifik dirinya. Mereka bingung karena tidak mau berusaha mengenali dirinya sendiri

2.    Menganggap curriculum vitae hanyalah masalah formalitas
Curriculum vitae/resume yang dilampirkan bersama surat lamaran kerja adalah komunikasi awal pelamar kerja dengan perusahaan, suatu moment yang sangat penting, bukan sekedar proses formalitas semata. Mengirimkan CV/Resume yang terbaik sangat mempengaruhi masa depan karir para pencari kerja.

3.    Hanya fokus pada kebutuhan diri sendiri
Sekali lagi, melamar kerja adalah proses memasarkan dan menjual diri. Seorang pemasar dan penjual yang sukses selalu fokus pada kebutuhan pelanggannya. Hampir tidak ada perusahaan yang peduli kebutuhan para pencari kerja, karena mereka lebih fokus pada kebutuhan dan kepentingannya sendiri. Sebesar apapun kebutuhan pencari kerja terhadap pekerjaan tidak akan bisa mempengaruhi perusahaan untuk menerimanya. Mereka hanya akan tertarik pada keunggulan pencari kerja yang sesuai kepentingan perusahaan.

Gambar dari http://all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔