10 Langkah Jitu Membuat Lamaran Kerja Melalui Email

Selasa, April 11, 2017
Pada era digital dan cyber space saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang hanya menerima lamaran kerja melalui internet. Ada beberapa keuntungan bila perusahaan menerima lamaran kerja melalui internet :

a.      Bisa mensukseskan gerakan papperless
Meminimalisir penggunaan kertas, sehingga juga pasti memotong anggaran pengeluaran.
b.     Lebih cepat dalam melakukan proses dokumentasi.
Petugas administrasi akan lebih cepat dalam melakukan proses input data pelamar kerja ke dalam database perusahaan
c.      Mempermudah verifikasi
Petugas HRD lebih mudah dan cepat dalam melakukan proses verifikasi data pelamar kerja melalui internet.

Selain pihak perusahaan, dari pihak pelamar kerja juga mendapatkan beberapa keuntungan dengan melamar kerja melalui email :
i.                    Lebih hemat.
Para Job Hunter atau Career Changer akan lebih hemat biaya meskipun harus melamar kerja ke banyak perusahaan dalam sehari.
ii.                 Lebih cepat
Proses pembuatan sampai pengiriman lamaran kerja lebih cepat dibanding harus mencetak dulu dan mengirim melalui pos atau jasa pengiriman dokumen
iii.               Lebih meyakinkan
Lamaran kerja yang dikirimkan melalui email lebih bisa dipastikan tersampaikan ke tujuan. Proses konfirmasi bahwa lamaran kerja sudah diterima oleh perusahaan juga lebih meyakinkan.

Sebenarnya proses melamar kerja melalui internet ada dua jenis :
1.     Melalui aplikasi lamaran kerja
Biasanya jenis ini dilakukan bila Anda melamar kerja melalui situs-situs lowongan kerja seperti Jobstreet.com, jobsdb.com, jobseeker.com. Anda harus memasukkan data-data ke dalam aplikasi online dan mengunggah dokumen-dokumen ke dalam aplikasi tersebut.

2.     Melalui email
Jenis kedua ini yang akan kita bahas saat ini.


Ada 10 hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan bila ingin sukses melamar kerja melalui email :
Nama akun email Anda harus mengesankan profesionalitas.
Mungkin dulu saat masih sekolah atau kuliah Anda sudah membuat dan memiliki email dengan nama akun yang ‘keren’ seperti : pejuangcinta, pendekarpena, guesukamerah, dan nama-nama seperti itu yang saat ini disebut sebagai nama alay. Jangan gunakan akun-akun tersebut untuk melamar kerja. Nama-nama akun seperti itu mengesankan tidak profesional. Selain nama akun email Anda juga memperhatikan nama-nama akun sosial media yang lain seperti facebook, instagram, twitter. Karena saat ini pihak perusahaan akan melakukan verifikasi dengan melacak dan memeriksa akun-akun sosial media Anda.

Segera buat akun baru sesuai nama Anda. Cara yang terbaik adalah dengan format : [nama depan].[nama belakang]@email.com
Contoh :
Andi.harahap@gmail.com, Harun.Rosyid@yahoo.com, Maudy.Ayunda@yahoo.co.id.
Bila nama Anda sudah digunakan oleh orang lain yang memiliki nama yang sama, Anda bisa menambahkan angka di belakangnya. Anda bisa gunakan tahun pembuatan akun email, tahun lahir, tanggal lahir, atau nomor rumah.
Contoh :
Andi.harahap72@gmail.com, Harun.Rosyid12@yahoo.com, Maudy.Ayunda212@yahoo.co.id.

Anda harus berupaya secara maksimal untuk membuat dan memiliki sebuah  Curriculum Vitae yang profesional.
Kebanyakan para Job Hunter atau Career Changer asal salin/copy template curriculum vitae dari internet atau teman, tanpa mengetahui apakah template tersebut memiliki kekuatan atau tidak. Pastikan template curriculum vitae yang akan Anda gunakan adalah yang mengesankan profesional. Anda bisa menemukan banyak  contoh dan cara membuat curriculum vitae yang profesional di internet. Anda tinggal megetikkan kata kunci “Contoh Curriculum Vitae Profesional”, atau “Contoh curriculum vitae yang menarik” ke dalam serach engine google . Atau Anda bisa langsung masuk ke sini yang banyak berisi tips menghadapi persaingan memasuki dunia kerja.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Jasa Pembuatan CV English

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae Murah

Jasa Desain CV


Saat Anda mencari lowongan kerja melalui situs-situs lowongan kerja akan banyak posisi pekerjaan yang ditawarkan,  yang sudah dilengkapi data-data perusahaan termasuk alamat email. Anda tinggal pilih yang paling sesuai kompetensi. Segera pelajari syarat-syarat pengiriman lamaran yang ditentukan seperti :
-                     Penulisan kode lamaran di bagian subyek email
-                     Batas maksimal besar file lampiran
-                     Format file lampiran
-                     Batas akhir tanggal pengiriman
Bila Anda ingin melamar kerja ke perusahaan tidak melalui iklan lowongan kerja, Anda bisa mencari WEB resmi perusahaan melalui mesin pencarian google, kemudian dapatkan alamat email resmi perusahaan. Selain data tentang alamat email sebaiknya pelajari juga tentang struktur organisasi dalam perusahaan sehingga surat lamaran kerja yang Anda buat akan lebih spesifik dan relevant dengan kondisi perusahaan.
Pastikan Anda menuliskan alamat tujuan email dengan tepat. Satu huruf saja salah akan membuat email Anda tersesat ke email orang lain atau bahkan tidak terkirim sama sekali.

5.                Mengisi kolom subyek email dengan benar
Pastikan kolom subyek tidak dibiarkan kosong dan diisi dengan benar. Kolom subyek yang kosong mengesankan tidak profesional dan kurang serius dalam melamar pekerjaan.
Isilah kolom subyek email sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam iklan lowongan kerja, yang sudah Anda dapatkan informasinya dalam point 3 di atas. Bila dalam iklan lowongan kerja tidak menentukan penulisan subyek , atau Anda mengirim email lamaran kerja tidak berdasarkan iklan lowongan kerja, Anda isi kolom subyek dengan tujuan email dan posisi yang dibidik.
Contoh :
“Melamar kerja untuk posisi bagian administrasi”
“Melamar kerja sebagai teknisi”
“Melamar kerja di bagian pemasaran”

6.                Melampirkan file Curriculum Vitae yang terbaik
Curriculum vitae terbaik yang sudah dimiliki sesuai langkah pada point 2 di atas harus Anda ubah (convert) ke dalam format PDF (Adobe Acrobat) atau dalam format picture/gambar (jpg, jpeg).
File PDF atau gambar bisa dibuka menggunakan semua OS (Operating System) dan semua aplikasi dengan tampilan yang sama (tidak berubah).
Bila mengirim file dalam bentuk text atau document ada kemungkinan pihak penerima email menggunakan OS atau aplikasi yang berbeda sehingga layout Curriculum Vitae akan berubah kacau atau bahkan tidak bisa terbaca. Meskipun menggunakan OS dan aplikasi yang sama tetapi versinya beda juga bisa mengakibatkan kekacauan layout atau tidak bisa terbaca dengan baik.

7.                Membuat  narasi surat lamaran kerja yang terbaik
Buatlah narasi isi surat lamaran kerja dengan susunan kalimat dan rangkaian kata yang bagus sehingga memiliki daya pengaruh dalam file text atau document. Pilih kata-kata yang profesional. Anda bisa mencari banyak contoh surat lamaran kerja yang baik di internet dengan mengetikkan kata kunci : “Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik”. Atau bisa baca di situs ini yang berisi banyak tips cara membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae.
Anda juga bisa menghubungi Jasa Pembuatan Surat Lamaran Kerja Profesional di http://www.penuliscvprofesional.com yang akan membuatkan surat lamaran kerja yang powerful komunikatif-persuasif dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Jasa Pembuatan Cover Letter


Surat lamaran kerja yang sudah dibuat di dalam file text atau document Anda salin (copy) dan tempel (paste) ke dalam badan email sebagai isi.

9.                Memeriksa ulang dan memastikan semuanya benar
Periksa lagi tujuan email, subyek email, file yang dilampirkan, dan isi email. Pastikan semua tepat dan benar tanpa ada kesalahan ketik sedikitpun. Kesalahan ketik meskipun hanya satu huruf mengesankan sikap tidak serius atau tidak profesional. Petugas HRD yang menerima email akan enggan memperhitungkan Anda sebagai kandidat karyawan yang baik.

10.                       Kirimkan email
Kirimkan email dengan menekan tombol ‘send’ atau ‘kirim’

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔