4 Tips Sebelum Anda Mendadak di-PHK atau Pensiun Dini # 2

Sabtu, Oktober 03, 2015
 Baca Tulisan sebelumnya di sini

3. Bangun Jejaring. 

Sekarang ini hampir semua orang yang mempunyai ponsel cerdas pasti tergabung di grup-grup pada aplikasi media sosial (BBM, WA, Line, Wechat, Facebook, dll) yang ada pada gadget yang dibawa. Mulai grup teman-teman kantor, alumni sekolah, sampai dengan grup-grup yang terkait dengan hobi atau aktivitas intelektual anda. 


Sayangnya kita jarang menyadari bahwa ada banyak peluang emas untuk membangun jejaring – baik untuk urusan pengembangan potensi yang ada pada kita, sampai potensi untuk melakukan bisnis. Saran saya, ketika anda bergabung dengan grup-grup selain kantor, usahakan mengenali para anggota grup tersebut terutama tentang profesinya, aktivitas hariannya dan sebagainya. Semakin banyak data yang anda punyai semakin baik.
Pada grup seperti alumni sekolah SMP/SMA/Kuliah anda, biasanya para anggotanya mempunyai beragam profesi dan aktivitas, dan untuk membangun jejaring dengan mereka anda sudah terbantu untuk “menyingkirkan penghalang utama”. 

pixabay.com


Ya, tentu saja akan menjadi aneh jika tiba-tiba anda mencoba menyapa atau bertanya lebih jauh kepada orang yang tidak tahu asal-usulnya. Tetapi dengan sama-sama tergabung di dalam grup alumni sekolah misalnya, anda bisa bisa memulai membangun jejaring dengannya karena sama-sama berasal dari sekolah yang sama, apalagi jika sebelumnya sudah saling mengenal. 


Dengan mengenalnya secara baik, suatau saat – ketika anda atau kerabat dan teman anda yang lainnya -- mungkin membutuhkan sekedar informasi –baik untuk kepentingan pribadi, sosial atau bisnis, anda bisa saja “memanfaatkan” jejaraing tersebut.
Ada banyak cerita tentang betapa besar manfaatnya jejaring yang kita miliki. Saat saya lulus kuliah, alhamdulillah tidak pernah menganggur sampai berbulan-bulan, begitu lulus ada informasi dari teman yang bekerja di kantor pajak membutuhkan privat bahasa inggris untuk karyawan-karyaawannya dan juga beberapa atasannya. Meski hanya berlangsung 6 bulan, tetapi setelah itu saya dapat tawaran lagi dari teman yang lain untuk bekerja di tempat lain lagi. Dan itu saya alami berkali-kali, sehingga saya nyaris tanpa susah payah mengirim surat lamaran, karena saya mengirimkan kan surat lamaran – bahkan ada yang tidak memakai surat lamaran – ke institusi yang memang benar-benar membutuhkan.

Cerita lainnya adalah, saat saya harus bed-rest di rumah sakit selama hampir 2 minggu, terus terang saya tidak puas dengan layanan rumah sakit dan dokternya. Sampai akhirnya saya update status di dinding Facebook saya, dan ternyata seorang teman SMA yang juga dokter mengomentari dan akhirnya dia mengundang ke rumahnya untuk konsultasi gratis terkait sakit yang saya alami, dan alhamdulillah saya dapat penjelasan yang memuaskan.


Tidak hanya saya yang merasakan manfaat baiknya membina jejaring ini, seorang teman saya – pengusaha kuliner online, karena kepiawaiannya membina relasi ini, tidak jarang dia sering mendapatkan donatur untuk proyek-proyek sosial yang dia gagas, mulai menyantuni fakir miskin di kala ramadhan, membangun masjid dan mengadakan baksos ke daerah-daerah minus di pinggiran kota Jakarta... dan partisipan serta yang mendanai adalah dari konsumen-konsumen setianya – tanpa dia harus meminta-minta bantuan dan menyodorkan proposal


4. Usaha Sampingan
 
Ya, yang namanya usaha sampingan adalah usaha yang anda kerjakan di sela-sela waktu anda sebagai seorang karyawan. Usaha ini bisa anda lakukan selepas anda bekerja, atau saat liburan di akhir pekan. 


Untuk memulai usaha sampingan ini , sarannya adalah pilihlah yang paling mudah dan yang terpenting anda sukai misalnya bisnis yang terkait dengan hobi anda , hal ini penting karena untuk mengerjakan usaha sampingan ini anda mengerjakan di “sisa waktu” anda yang artinya bisa jadi anda dalam kondisi fisik atau psikologis yang lelah setelah bekerja seharian atau selama sepekan. Oleh karena itu jika anda mengerjakan sesuatu yang memang anda sukai, maka rasa lelah tersebut bisa anda atasi karena anda mengerjakannya dengan senang dan tidak terpaksa.
 
Saran berikutnya adalah, mulailah usaha sampingan ini dengan modal yang kecil (terjangkau) menurut ukuran masing-masing anda dan sangat “di-haram-kan” untuk berhutang. Dengan modal yang terjangkau diharapkan jika – selama masa merintis usaha tersebut belum memberikan keuntungan yang maksimal anda tidak merasa berat untuk tetap meneruskan. 


Namun meskipun itu usaha sampingan, selalu usahakan untuk tetap belajar mengembangkan dan mengelolanya dengan serius, untuk itu tidak ada salahnya anda bergabung dengan komunitas – baik itu secara online seperti di forum-forum internet, atau di komunitas offline yang banyak memberikan wawasan dalam hal mengelola bisnis. 




Demikianlah 4 Tips Sebelum Anda Mendadak di-PHK atau Pensiun Dini, jika anda punya komentar saran dan pertanyaan silahkan dituliskan di bawah atau di halaman Facebook Job Hunting Center <<== Silahkan Klik



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔