3 Mitos tentang Cover Letter dan Resume Kerja atau Curriculum Vitae

Kamis, Agustus 07, 2014
Masih banyak para pencari kerja yang meyakini mitos-mitos dalam membuat surat lamaran kerja, resume kerja atau curriculum vitae.

Berikut 3 mitos yang paling banyak diyakini :

1.      Ada format baku dalam membuat surat lamaran kerja dan resume kerja/curriculum vitae yang baik dan benar.

Berdasarkan keyword dalam search engine banyak yang mencari informasi tentang ‘contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar’ atau ‘cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar’ atau ‘cara menulis curriculum vitae yang baik dan benar’. Padahal belum pernah ada konsensus nasional maupun internasional yang menetapkan format baku dalam menulis surat lamaran kerja dan resume kerja/curriculum vitae. Memang wajib menulis surat lamaran kerja dan resume kerja menggunakan kaidah penulisan yang benar, tapi tidak ada aturan baku untuk formatnya. Anda bebas memilih font dan bentuk paragraph. Dalam menulis surat lamaran kerja dan resume kerja/curriculum vitae yang paling penting adalah harus menarik, informatif, dan komunikatif.

2.    Menyampaikan informasi diri sebanyak dan sedetil mungkin.

Sangat ganjil bila seorang pencari kerja yang baru lulus sekolah memiliki curriculum vitae berlembar-lembar. Ternyata dia mencantumkan segala informasi tentang dirinya meskipun tidak penting. Petugas penyeleksi surat lamaran kerja hanya memiliki waktu terbatas untuk membaca puluhan surat lamaran kerja yang masuk. Surat lamaran kerja dan resume kerja yang terlalu panjang tanpa fokus pada kelebihan diri yang ditawarkan akan berpotensi diabaikan.

3.    Membuat surat lamaran kerja dan resume kerja / curriculum vitae menggunakan tulisan tangan.

Mungkin orang-orang yang melakukan ini atau yang menyarankan melakukan ini ingin mengesankan pendekatan yang lebih personal dalam membuat surat lamaran kerja dan resume kerja/curriculum vitae. Padahal kesan pendekatan personal itu ada pada konten, bukan cara penulisannya. Menggunakan tulisan tangan justru mengesankan kurang profesional. Pada era digital saat ini bahkan banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja dan resume kerja/CV hanya melalui email. 

Bila Anda ingin memiliki curriculum vitae yang menarik dan powerful silakan gunakan jasa membuat CV di penulisCVprofesional.com
Jasa pembuatan curriculum vitae dan surat lamaran kerja

Gambar dari http://www.dreamstimefree.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔