Selalu Meningkatkan Kualitas Curriculum Vitae atau Resume

Selasa, Juli 22, 2014
Curriculum Vitae dan resume kerja adalah media untuk menawarkan kelebihan-kelebihan Anda kepada perusahaan. Sebenarnya media ini tidak hanya digunakan saat melamar di tempat kerja baru, resume mungkin juga dibutuhkan pada saat menawarkan diri mengisi  jabatan yang sedang  kosong di perusahaan tempat Anda bekerja, atau dalam proses promosi jabatan.

Bila Anda ingin sukses sebagai profesional, maka Anda harus selalu berusaha memperbaiki kualitas resume kerja. Anda harus selalu berusaha membuat resume kerja yang lebih baik, dalam hal isi maupun penampilannya. Semakin tinggi posisi jabatan yang Anda incar, semakin tinggi tuntutan kualitas resume kerja yang harus Anda sediakan.

Agar memiliki resume yang berkualitas isinya maka Anda harus :

1.      Menambah kemampuan atau meningkatkan kemampuan yang sudah Anda miliki dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, utamanya yang berhubungan dengan bidang kerja Anda.
2.    Meningkatkan kualitas kerja dengan bekerja lebih semangat, fokus, dan efektif.
3.    Bersedia mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang bukan tugas Anda tapi bisa menambah atau meningkatkan kemampuan Anda.
4.    Mencatat setiap pencapaian, prestasi, atau penambahan kemampuan.
5.     Dengan proaktif sering minta counseling kepada atasan untuk evaluasi kualitas kerja Anda.

Dengan melakukan 5 hal tersebut, secara periodic minimal setahun sekali Anda sebaiknya menyusun resume baru dan pastikan kualitas isi resume selalu meningkat. Bila melakukannya secara konsisten maka akan lebih mudah bagi Anda menggunakannya saat dibutuhkan.

Sebagai profesional, bekerja dengan mengacu pada peningkatan kualitas resume akan memudahkan Anda meningkatkan karir dalam  perusahaan yang sama atau pindah kerja. Selalu memperbaiki resume juga jadi sarana Anda melakukan evaluasi diri sehingga mempermudah membuat perencanaan untuk periode kerja berikutnya.

Kualitas ‘penampilan’ resume Anda juga harus semakin meningkat selain isinya, terutama saat Anda akan menggunakannya untuk melamar kerja di perusahaan lain. Petugas penyeleksi di perusahaan yang baru tidak akan membaca isi resume Anda yang luar biasa bila tidak tertarik melihat penampilannya. ‘Penampilan’ resume kerja adalah tentang format, pilihan kata dan susunan kalimat. Untuk meningkatkan kualitas ‘penampilan’, atau bisa juga disebut penyajian resume kerja, Anda bisa mempelajarinya di blog  jobhuntingcenter.com ini, atau Anda bisa menggunakan jasa pembuatan resume kerja di penulisCVProfesional.com.


Gambar dari http://www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔