Melamar Pekerjaan adalah Proses Marketing

Rabu, Januari 15, 2014
Melamar pekerjaan adalah termasuk proses pemasaran. Mengirim surat lamaran, CV, resume, portofolio, adalah proses pemasaran. Anda harus mampu membuat perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan tertarik kepada Anda, berminat menemui Anda.

Bila melamar pekerjaan adalah proses pemasaran, maka wawancara kerja adalah proses penjualan. Anda harus mampu membuat pihak perusahaan memutuskan untuk ‘membeli’ diri Anda, mempekerjakan Anda.
Dalam proses pemasaran maupun penjualan hal yang paling penting, yang harus diperhatikan paling awal oleh pemasar atau penjual, adalah kebutuhan calon pelanggan atau dalam konteks lowongan kerja berarti  kebutuhan perusahaan, karyawan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan.

Para pencari kerja harus tahu profil karyawan yang diinginkan perusahaan, baik teknis maupun non teknis. Pemahaman ini sangat dibutuhkan untuk menentukan isi surat lamaran, Curriculum Vitae, resume, maupun portofolio yang dikirimkan kepada perusahaan penyedia lowongan kerja. Bisa jadi Anda memiliki banyak pengalaman dan kemampuan di berbagai bidang, resume  Anda bisa sampai berlembar-lembar, tapi mengirimkan semuanya tidak akan membuat peluang Anda lebih besar diterima. Justru membuat pihak perusahaan sulit menemukan bahwa Anda lah yang mereka butuhkan. Semakin ringkas CV dan resume Anda, tapi berisi informasi bahwa Anda memiliki kemampuan yang mereka butuhkan, semakin mudah pihak perusahaan untuk memilih Anda memasuki proses rekrutmen selanjutnya..

Dalam proses pemasaran kemasan paket promosi sangatlah penting. Dengan isi sama tapi kemasan berbeda maka hasilnya akan berbeda. Mungkin kemampuan Anda lebih baik, tapi Anda bisa dikalahkan pelamar lain yang mampu menampilkan surat lamaran yang lebih menarik, mengemas lebih baik. Kemasan di sini bukan berarti Anda harus menambahkan bunga, pita, parfum dan pernik-pernik lain dalam surat lamaran Anda, tapi Anda harus mampu memilih kata, design layout, format, yang menarik,nyaman dilihat, dan berkelas.

Bila Anda adalah produk yang bagus, kemaslah sebaik mungkin agar perusahaan yang mencari karyawan sebagus Anda tidak salah memilih produk yang jelek tapi dikemas indah. Pasarkan diri Anda semaksimal mungkin dengan melakukan :
1.       Fokus pada kebutuhan pelanggan.

2.       Kemas paket promosi Anda sebagus mungkin.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔