Pindah Kerja bukan Tanda Tidak Loyal

Selasa, Juli 15, 2014
Sebagian masyarakat , kebanyakan dari generasi tua, berpendapat bahwa bekerja itu harus menetap di satu perusahaan sampai masa pensiun. Mereka menganggap itu sebagai nilai kesetiaan atau loyalitas. Pendapat mereka bisa benar bisa juga salah.

Pendapat mereka mungkin benar bila seorang karyawan bekerja di satu perusahaan sampai masa pensiun dengan produktif dan memberi kontribusi yang besar untuk perusahaan, tanpa pernah sedikitpun melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan. Mungkinkah dianggap loyal bila seorang karyawan bekerja selama puluhan tahun tanpa kontribusi jelas untuk kemajuan perusahaan tapi justru menjadi beban?

Sejatinya loyalitas atau kesetiaan tidak diukur dari lamanya masa kerja, meskipun karyawan yang berkarya dalam waktu lama perlu mendapatkan apresiasi. Lebih bijak bila kesetiaan diukur dari besarnya manfaat yang diberikan untuk perusahaan selama bekerja. Kesetiaan seharusnya diukur dari besarnya curahan waktu, pemikiran, perhatian, dan tenaga yang dimiliki karyawan untuk perusahaan. Adalah setia seorang karyawan yang rela bekerja lembur tanpa mendapat uang lembur meskipun baru setahun bekerja. Suatu kesetiaan yang tinggi saat seorang karyawan sedia masuk di hari libur agar pekerjaannya segera tuntas meskipun baru setahun bekerja.
Bagaimana bila ada karyawan yang sudah puluhan tahun bekerja tapi tidak merasa nyaman bekerja sehingga tidak bersemangat? Mungkinkah dia dianggap karyawan yang setia?

Saat Anda kehilangan kenyamanan dan kebahagiaan bekerja dalam sebuah perusahaan, maka akan sulit sekali Anda bisa berperan sebagai karyawan yang setia. Dalam artikel ‘10 Tanda Peringatan Anda Harus SegeraMencari Pekerjaan Baru ‘ dibahas tanda-tanda kesetiaan Anda terancam.
Saat hal itu terjadi jiwa professional Anda diuji. Bertahan pada perusahaan lama, meskipun tanpa semangat, dan produktifitas yang rendah, adalah sikap yang tidak professional. Meneruskan bekerja tanpa nilai kesetiaan adalah sikap tidak professional yang merugikan banyak pihak. Perusahaan pasti mengalami kerugian karena mempekerjakan karyawan yang tidak produktif, hingga pada suatu saat mereka akan bersikap tegas memberhentikan Anda.


Anda harus selalu bersikap professional  sehingga bisa menjadi karyawan yang loyal. Pilihan untuk pindah kerja ke perusahaan lain adalah sikap professional, dan bukan tanda ketidaksetiaan.

Gambar dari http://www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔