Tips Mencari Kerja bagi Fresh Graduate melalui Campus Job Fair

Jumat, April 18, 2014
jobhuntingcenter.com | mencari kerja | berburu kerja | Fresh Graduate | Job Fair
jobhuntingcenter.com | mencari kerja | Fresh Graduate | Job Fair
Event Campus Job Fair menyediakan  kesempatan yang sangat bagus untuk mencari  pekerjaan bagi fresh graduate. Anda tidak perlu mendatangi perusahaan satu persatu atau repot mencari lowongan kerja di media.

Sayangnya banyak sarjana fresh graduate tidak mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

Berikut tips mencari kerja untuk fresh graduate melalui Kampus Job Fair :

1.     Dapatkan informasi daftar perusahaan yang menjadi peserta Job Fair. Urutkan prioritas perusaaan sesuai industry yang Anda minati.

2.     Berdasarkan daftar yang sudah Anda buat, carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut, dan gali informasi lebih dalam untuk menguatkan alasan Anda berminat bekerja di sana. Hal ini sangat membantu Anda untuk mampu tampil dengan sikap positif, antusias, dan energik.

3.     Cermati kolom  karir, lowongan pekerjaan, atau bagian Sumber Daya Manusia pada WEB site resmi perusahaan untuk mendapatkan informasi lebih jelas tentang pekerjaan yang sesuai dengan kelebihan, kemampuan, keterampilan, atau pengalaman (berorganisasi) Anda.

4.     Buatlah surat lamaran, resume terbaik Anda secara spesifik untuk setiap perusahaan. Anda bisa baca : Tips Membuat Resume Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate 

5.     Siapkan bahan presentasi singkat, sekitar 20-30 detik, untuk memperkenalkan diri Anda. Di dalamnya usahakan Anda mampu menunjukkan lima sampai tujuh kelebihan sehingga layak dipilih untuk proses recruitment selanjutnya. Mintalah masukan dari teman, orang tua, saudara, dosen, atau mentor tentang kelebihan-kelebihan Anda yang terbaik. Ingat-ingat pengalaman Anda sebagai pelajar, sukarelawan, peserta magang, bahkan sebagai teman, yang bisa Anda ‘jual’

6.     Persiapkan pakaian terbaik yang akan Anda kenakan. Silakan baca di sini tentang Pakaian saat Wawancara Kerja . Masih banyak para lulusan baru yang menghadiri Campus Job Fair dengan pakaian asal-asalan seperti yang biasa mereka kenakan saat masih kuliah. Anda harus mampu menunjukkan bahwa Anda sudah siap menjadi professional yang baik, bukan lagi mahasiswa yang tidak siap bekerja.

7.     Datanglah lebih awal sehingga cukup waktu untuk mempelajari situasi dan kondisi arena Campus Job Fair.

8.     Jangan terkecoh sehingga terlalu fokus pada nama besar perusahaan. Kadang kala perusahaan menengah yang kurang  terkenal justru berpotensi memberi peluang lebih besar bagi Anda dengan remunerasi dan karir yang kompetitif.

9.     Selalu jaga sikap positif dan energik sepanjang Job Fair, seharian.

10.     Manfaatkan waktu Anda untuk memperluas jaringan antar pencari kerja dalam arena Job Fair. Tidak pernah ada ruginya menambah teman atau kolega.

11.  Seusai Job Fair lanjutkan membina hubungan baik dalam jaringan Anda, baik dengan sesama teman atau dengan perusahaan peserta Job Fair. Tidak lanjuti dengan melakukan konfirmasi kepada perusahaan yang saat Job Fair sudah melakukan proses awal recruitment dengan Anda.




www.penuliscvprofesional.com

Gambar dari http://www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔