6 Hal Tentang Penampilan yang Mengesankan Profesionalitas saat Wawancara Kerja

Jumat, Februari 28, 2014
Sikap professional sangat mempengaruhi hasil wawancara kerja. Karakter Anda dinilai dari sikap dan penampilan saat mendatangi wawancara kerja. Petugas penguji memang mencari calon karyawan yang memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai kebutuhan perusahaan, tetapi penampilan yang tidak professional akan membuat mereka menilai Anda berpotensi tidak professional saat bekerja nanti meskipun memiliki kemampuan dan keterampilan yang bagus.

Anda sedang mendatangi wawancara kerja menjadi seorang professional, bukan mengikuti ajang pencarian bakat menjadi artis. Ada enam hal tentang penampilan yang harus diperhatikan  agar mengesankan sikap professional saat wawancara kerja.


1.      Hair style / model rambut
Gunakan model rambut yang rapi dan ringkas. Anda boleh berambut panjang dan dicat, tapi saat wawancara pastikan rambut disisir rapi bila perlu diikat atau disanggul ke belakang dengan sederhana. Bagi wanita yang berjilbab sebaiknya gunakan model kerudung yang sederhana dan rapi dengan warna polos.

2.      Riasan muka.
Riasan yang berlebihan hanya sesuai untuk tampil di panggung atau di depan kamera. Gunakan riasan muka yang sederhana, sekedar membuat wajah terlihat bersih dan tidak pucat. Bagi pria yang berkumis atau berjanggut rapikan bentuknya.

3.      Pakaian.
Model pakaian professional adalah sederhana, bersih, tanpa terlalu banyak warna, dan tertutup.

4.      Accessories
Batasi penggunaan pernik-pernik perhiasan. Gunakan maksimal enam item mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Gelang, bros, jam tangan, cincin, ikat pinggang, jepit rambut, kawat gigi termasuk dalam enam item tersebut.

5.      Parfum
Gunakan parfum secukupnya. Ada beberapa orang yang pusing bila menghirup aroma parfum yang tajam, maka akan fatal akibatnya bila petugas penguji wawancara kerja adalah orang seperti itu.

6.      Sepatu.
Gunakan sepatu dengan model sederhana dan tertutup. Bersihkan dan semir sepatu semengkilap mungkin sebelum digunakan. Bagi pria pastikan menggunakan kaos kaki yang bersih dan berwarna gelap.

   Penampilan sangat menunjang selling point, tapi yang Anda jual sebenarnya adalah potensi dan ketrampilan, jangan lupa itu.



Gambar dari mycareer.world.edu

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔