3 Langkah Menguatkan Mental Menghadapi Wawancara Kerja - Mengatasi Gugup dan Gelisah

Minggu, Januari 04, 2015

Kekuatan mental sangat dibutuhkan untuk menghadapi wawancara kerja, karena dalam wawancara kerja pribadi Anda sedang dinilai. Proses komunikasi verbal antara Anda dengan petugas pewawancara juga sangat membutuhkan kekuatan mental. Gugup, gelisah, khawatir, akan menurunkan kualitas komunikasi Anda. Kekuatan mental Anda akan meminimalisir perasaan gugup, gelisah, dan khawatir.

Berikut 3 langkah menguatkan mental untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam proses wawancara kerja :

1.      Afirmasi.
Afirmasi yang bisa menguatkan mental menggunakan kata-kata yang diterima atau tidak ditolak pikiran. Banyak orang melakukan afirmasi tapi gagal mendapatkan manfaatnya karena menggunakan kata-kata yang tidak kongruen dengan keyakinannya, bertolak belakang dengan pikiran bawah sadar. Cara terbaik agar afirmasi sesuai dengan keyakinan adalah dengan menggunakan kata-kata bahwa Anda sudah atau sedang melakukan sesuatu sehingga pantas mendapatkan apa yang Anda inginkan.
Contoh afirmasi yang bisa Anda gunakan untuk menguatkan mental menghadapi wawancara kerja :
“Saya pasti bisa melakukan wawancara dengan sangat baik karena saya memiliki kemampuan yang diinginkan perusahaan yaitu ….. (lebih baik bila disebutkan detil kemampuan yang Anda andalkan), dan saya sedang melatih kemampuan tersebut maupun kemampuan komunikasi agar meningkat semakin baik”.

2.    Visualisasi.

Sambil melakukan afirmasi Anda harus melakukan visualisasi. Anda harus membayangkan berada dalam sebuah proses wawancara kerja yang lancar dan Anda sangat menguasai proses itu. Ada kemungkinan saat visualisasi muncul kegugupan, maka gunakan kata-kata afirmasi dengan membacanya sambil bernapas tenang dan dalam.

3.    Zona damai.

Ciptakan zona damai Anda sendiri. Duduk tenang, pejamkan mata, bayangkan suatu kejadian yang pernah Anda alami yang Anda merasa tenang, atau merasa damai, atau merasa menang, sambil melakukan anchoring menggunakan salah satu titik dalam tubuh Anda, seperti mengepalkan tangan atau menekan ibu jari dengan telunjuk.
Lakukan perpaduan afirmasi dengan visualisasi (dua langkah sebelumnya) sambil melakukan sikap anchoring yang sudah Anda pilih/lakukan untuk menciptakan zona damai saat melakukan wawancara kerja.


Lakukan 3 langkah ini berulang-ulang, sesering mungkin, mulai beberapa hari sebelum wawancara kerja.


Gambar dasar dari http://www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔