Persiapan Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja - Fokus pada Bab yang Sesuai

Senin, Juni 09, 2014
Tujuan utama perusahaan melakukan wawancara kerja adalah untuk mengenali Anda lebih dalam. Petugas pewawancara sudah berpengalaman dan dibekali ilmu tentang cara menggali kepribadian, karena itu cara terbaik bagi Anda adalah menjadi diri sendiri.

Diri sendiri yang mana?

Setiap manusia adalah sebuah system yang sangat komplek, atau canggih. Sejak lahir sampai saat ini Anda mengalami pengalaman beraneka ragam dan mendapatkan sangat banyak pelajaran, sehingga saat ini Anda menjadi pribadi utuh yang memiliki banyak sisi.

Ibarat buku, Anda adalah buku tebal yang terdiri dari banyak bab. Dalam waktu yang singkat , saat wawancara kerja, mustahil petugas pewawancara mampu membaca seluruh bab dari diri Anda. Mungkin petugas pewawancara hanya mampu membaca satu atau dua bab saja.

Yang harus Anda waspadai adalah bila petugas pewawancara membaca bab-bab diri Anda yang tidak berhubungan dengan apa yang mereka butuhkan sehingga menyimpulkan bahwa Anda bukan yang mereka inginkan. Padahal banyak bab diri Anda yang sangat relevant dengan kebutuhan perusahaan, hanya saja Anda gagal mengarahkan mereka, melalui jawaban-jawaban pertanyaan wawancara kerja, untuk membaca bab yang sesuai.

Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga pada saat wawancara kerja ‘hanya membawa’ bab-bab yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Persiapan yang bisa Anda lakukan :

1.     Cari sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan khususnya kebutuhan mereka
2.     Baca dan dalami diri Anda sendiri, carilah bab-bab yang paling sesuai dan berhubungan dengan kebutuhan perusahaan
3.     Tulis cerita tentang bab-bab yang Anda temukan pada nomor 2. Tulis dengan bebas, menggunakan bahasa Anda sendiri. Menulis cerita ini adalah langkah paling efektif untuk fokus pada bab-bab unggulan Anda, dan mempermudah untuk melalukan langkah nomor 4.
4.     Mintalah kerabat atau sahabat agar mau membantu Anda menjadi sparing partner, dengan mendengarkan cerita seperti yang Anda tulis pada nomor 3. Minta mereka untuk menilai dan memberi  komentar, kelebihan-kelebihan apa yang mereka temukan dalam diri Anda sesuai cerita Anda.
5.     Evaluasi hasil penilaian dan komentar sparing partner Anda pada nomor 4, dan lakukan perbaikan cerita.
6.     Ulangi langkah nomor 4 dan 5 berkali-kali hingga Anda benar-benar fokus pada bab-bab berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Bila Anda melakukan persiapan menghadapi pertanyaan wawancara kerja ini dengan baik, maka pada saat menjawab pertanyaan apapun, Anda akan menjawab sesuai bab-bab diri Anda yang sesuai kebutuhan perusahaan.

gambar dari http://www.all-free-download.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔