5 Latihan Komunikasi untuk Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Minggu, Juni 01, 2014
Wawancara kerja adalah sebuah test yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Meskipun Anda memiliki kelebihan yang banyak beraneka ragam, memiliki pengalaman yang luar biasa, sia-sia semua bila Anda gagal mengomunikasikan semua itu kepada petugas pewawancara.

Komunikasi adalah kemampuan yang bisa ditingkatkan dengan berlatih dan berlatih. Tidak mungkin Anda bisa meningkatkan kemampuan komunikasi hanya dengan membaca atau mempelajarinya, Anda harus mempraktikkannya berulang kali.

Berikut latihan dasar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi :

1.     Latihan menjaga kontak mata
Sebenarnya Anda tidak harus melihat bola mata kawan bicara untuk menjaga kontak mata. Anda bisa melakukannya dengan memandang segitiga titik kiri-kanan dahi dan hidung, atau titik antara mata.

2.     Latihan mendengarkan
Pastikan Anda mulai berbicara menjawab pertanyaan saat petugas pewawancara benar-benar menuntaskan pertanyaannya. Berlatihlah mendengar dengan teliti dan seksama. Simak dengan baik saat orang sedang bicara. Jaga fokus pikiran Anda.

3.     Latihan berbahasa dengan benar.
Masih banyak para pencari kerja yang kesulitan berbahasa dengan benar. Seringkali mereka masih bercampur menggunakan kosa kata bahasa daerah. Jangan sekali-kali menggunakan istilah-istilah asing bila Anda tidak paham dan tidak tahu cara pengucapannya. Alih-alih ingin terlihat keren Anda justru mempermalukan diri sendiri bila tidak tepat menggunakan atau mengucapkan istilah asing.

4.     Latihan mengucapkan kata dengan baik.
Latihlah artikulasi dalam berbicara agar orang yang mendengarkan benar-benar mengerti apa yang Anda sampaikan. Kekuatan vocal juga berpengaruh besar. Anda memang tidak sedang mengikuti audisi penyanyi sehingga tidak memerlukan suara yang merdu, tetapi suara yang nyaring dan jernih pasti membuat nyaman petugas pewawancara saat mendengarkan jawaban-jawaban Anda.

5.     Latihan bahasa tubuh.
Berlatihlah bersikap tenang saat bicara. Kebiasaan Anda memainkan rambut atau pena saat berbicara sangat menganggu dan membuat kawan bicara tidak nyaman. Senyum manis Anda saat berbicara pasti mempengaruhi suasana wawancara kerja.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔