6 Ciri Surat Lamaran Tidak Profesional

Selasa, Februari 25, 2014
Semua perusahaan membutuhkan karyawan yang professional. Dari surat lamaran, CV atau Resume yang  terkirim bisa terbaca Anda calon karyawan yang professional atau tidak.


1.      Banyak kesalahan tulis.
Banyaknya kesalahan tulis dalam surat lamaran beserta kelengkapannya menunjukkan ketidak seriusan Anda melamar pekerjaan. Seorang profesional pasti mengerjakan semuanya dengan serius dan teliti. Bila perlu Anda meminta tolong teman untuk mengoreksi surat lamaran, CV atau resume sebelum Anda kirim.

2.      Format yang kacau.
Susunan CV Anda yang kacau, penempatan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang tidak berurutan juga menandakan ketidak seriusan, tidak professional. Alur urutan memang tidak harus maju, juga tidak harus berdasarkan tanggal, tapi harus menunjukkan sebuah pola yang rapi dan nyaman diikuti pembacanya. Untuk ini Anda juga bisa meminta tolong teman membacanya dan memberi masukan sebelum dikirim.

3.      Nomor contact yang tidak aktif.
Saat  perusahaan yang menerima surat lamaran Anda menelepon dan tidak terhubung maka mereka akan menganggap Anda tidak professional. Mungkin Anda memiliki beberapa nomor HP, tapi pastikan Anda hanya mencantumkan nomor yang selalu aktif. Hindari juga mencantumkan nomor telepon rumah tanpa Anda yakin akan diterima oleh orang-orang yang mengerti tentang Anda. Saat ini sudah sangat wajar seseorang tidak memiliki nomor telepon rumah, karena itu lebih aman bila hanya mencantumkan nomor HP.

4.      Alamat email yang alay.
Pastikan alamat email yang Anda cantumkan berkesan professional. Mungkin email  Anda sudah dibuat sejak masa sekolah menengah sehingga menggunakan kata-kata alay, sebaiknya Anda membuat email baru yang sesuai nama Anda. Kemalasan Anda membuat email baru yang lebih resmi akan mengesankan ketidak profesionalan Anda.

5.      Memasang foto yang tidak resmi.
Anda sedang melamar pekerjaan, bukan mendaftar untuk mengikuti audisi pencarian bakat, karena itu cantumkan foto Anda dengan pakaian dan pose resmi.

6.      Menyingkat kata
Pastikan Anda tidak menggunakan singkatan kata seperti ‘dgn’, ‘yg’, 'jkt', 'mlg'. Menuliskan singkatan almamater Anda juga mengesankan malas dan tidak professional. Tuliskan kata dan nama secara lengkap.


Gambar dari superblog.crazyengineers.com 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔