Berapa Gaji yang Anda Inginkan? Bagaimana menjawab pertanyaan tersebut?

Jumat, Desember 09, 2022

Ada yang menganggap pertanyaan-perntayaan dalam wawancara kerja adalah perntanyaan-pertanyaan jebakan yang bertujuan menjatuhkan kandidat karyawan.

Anggapan itu jelas kurang tepat, karena pada dasarnya perusahaan ingin mendapatkan kandidat terbaik dari proses seleksi karyawan yang di adakan.

Tentu saja, untuk mendapatkan karyawan yang terbaik harus diadakan seleksi yang tepat dan cermat sehingga tidak salah dalam menentukan keputusan saat menerima karyawan baru.

Salah satu cara untuk mendapatkan karyawan tadi adalah dengan cara melakukan wawancara yang tepat, sehingga didapatkan hasil yang tepat juga. 

Adapun pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah:

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Hal ini adalah perusahaan ingin memastikan bahwa kandidat yang sedang diwawancarai upahnya tidak "over budget" atau terlalu tinggi dibandingkan dengan kualifikasi, kinerja serta kontribusi yang akan diberikan kepada perusahaan.

Selanjutnya juga akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana kandidikat tersebut "menilai dirinya sendiri" dalam artian apakah kandidat sudah sesuai menghargai kemampuan yang ada pada dirinya.

Lalu, bagaimana cara menjawab perntanyaan tersebut?



Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan tentang gaji yang Anda inginkan adalah dengan menjelaskan bahwa Anda ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan pengalaman, kemampuan, dan kontribusi yang Anda berikan kepada perusahaan. 

Anda juga dapat menyebutkan angka yang Anda harapkan sebagai gaji, tetapi jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Selain itu, Anda juga dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa Anda ingin mendiskusikan gaji lebih lanjut setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan yang Anda lamar dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan. 

Ini menunjukkan bahwa Anda ingin mendapatkan gaji yang adil sesuai dengan kinerja Anda, tetapi Anda juga siap untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Tetap berusaha menjawab pertanyaan dengan jujur dan terbuka, tetapi juga dengan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan siap untuk membahas gaji secara lebih rinci jika diperlukan

 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔