Membuat CV yang Menarik dan Menjual Bagi Career Changer

Rabu, Desember 14, 2016
Berikut contoh CV yang menarik dan menjual untuk career changer yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja :

jasa pembuatan CV

Jasa Pembuatan CV murah jakarta


Bila job hunter yang bingung saat membuat curriculum vitae karena merasa belum memiliki pengalaman kerja sehingga tidak tahu harus menuliskan apa, maka carrer fighter juga bingung saat membuat CV karena tidak tahu yang mana yang harus ditulis.

Orang  yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia kerja pasti memiliki list panjang riwayat pekerjaan. Apalagi yang sudah mendekati posisi Top Management. Dia pasti sudah pernah menjalani beberapa level posisi pekerjaan. Bila ditulis semua pasti akan menjadi berlembar-lembar.

Tentu saja beda strategi, antara job hunter yang belum berpengalaman dengan carrer fighter yang banyak pengalaman, dalam membuat curriculum vitae.

Semakin tinggi level posisi pekerjaan yang dibidik semakin tinggi pula level petugas yang akan melakukan seleksi kandidat karyawan di posisi tersebut, sedangkan pejabat yang memiliki level posisi yang tinggi di perusahaan pastilah sangat sibuk, sehingga semakin tidak punya waktu banyak untuk membaca curriculum vitae. Memang biasanya, top management yang melakukan seleksi karyawan sudah mendapatkan summary dari pejabat di bawahnya tentang para kandidat karyawan yang akan diseleksi dan tentu saja pengaruh subyektifitas dari pembuat summary sangatlah besar. Karena itu sangatlah penting bila curriculum vitae harus ringkas dan mudah dibaca, sehingga Top Management bisa dan berkenan langsung membacanya tanpa harus dibuatkan summary lagi.

Seperti apa curriculum vitae yang ringkas sehingga pejabat yang hanya punya waktu sangat sedikit berkenan membacanya?
Maksimal satu halaman...tidak lebih...Atau paling tidak halaman pertama dari curriculum vitae itu sudah mewakili keseluruhan point-point penting yang ditawarkan kepada perusahaan. Dengan hanya membaca satu halaman, atau halaman pertama saja pejabat perusahaan sudah terkesan dan terpengaruh untuk memilihnya.

Design dan konten dari halaman pertama curriculum vitae ini sangatlah penting dan menentukan. Design curriculum vitae yang tepat (atau bagus) akan membuat sang pejabat perusahaan merasa tertarik dan nyaman membacanya. Konten yang baik harus berisi susunan kalimat dan pilihan kata yang tepat sehingga bisa mewakili pesan-pesan, yang banyak sekali, dalam satu halaman yang mudah dipahami dan mengesankan  pembacanya. Dalam sekali baca bisa tertangkap pesan-pesan yang ingin disampaikan, tanpa perlu mengernyitkan dahi atau berulang-ulang membacanya karena kata dalam kalimat yang sulit dipahami. Bila pun tetap ingin menuangkan semua informasi perjalanan karir dalam curriculum vitae, paling tidak pada halaman pertama dipilih informasi atau pesan yang paling penting dan paling memiliki daya pengaruh. Sehingga sebegitu besar daya pengaruh pesan-pesan di halaman pertama, pejabat yang hanya memiliki sedikit waktu pun  tertarik untuk melanjutkan membaca informasi-informasi lain di halaman berikutnya sampai tuntas. Tantangan yang menarik khan...?

Bagaimana bisa memasukkan informasi-informasi penting tentang perjalanan karir selama lebih dari sepuluh tahun hanya dalam satu halaman...? Perusahaan yang pernah jadi tempat berkarir ada lima, dan di setiap perusahaan ada lebih dari satu jabatan yang pernah dijalani. Sedangkan di setiap posisi pekerjaan terdapat wewenang dan uraian beberapa tugas  yang berbeda-beda, yang sebagian besar perlu dan penting untuk dicantumkan dalam curriculum vitae. Bagaimana memilah dan memilihnya lagi?

Sebelum memilah dan memilih informasi sehingga bisa cukup dalam satu halaman curriculum vitae, sangat penting untuk mengetahui dan memahami informasi-informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh pihak perusahaan.
Sebenarnya perusahaan membutuhkan informasi berupa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang  harus dijawab secara bertahap :

I.           Apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan?
Jawaban dari pertanyaan ini adalah segala keunggulan-keunggulan yang dimiliki berupa :
·        Kualifikasi : sertifikasi, ijazah, dan dokumen yang mewakili keunggulan lainnya.
·        Segala keterampilan baik hard skill maupun soft skill yang tidak tertuang dalam dokumen namun bisa dibuktikan secara konkrit saat wawancara kerja.
·        Pengalaman dan prestasi yang pernah diraih.
·        Keunggulan lain, seperti bakat alam, keunggulan fisik.
Selain keunggulan-keunggulan tersebut tidak perlu dipilih.

II.       Kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk memajukan perusahaan?
Jawaban dari pertanyaan ini adalah dengan memilah lagi informasi-informasi pada jawaban pertanyaan pertama dan hanya dipilih segala keunggulan yang bisa digunakan untuk memajukan perusahaan, selain itu dikeluarkan dari daftar. Pada tahap ini informasi keunggulan harus spesifik mengerucut pada satu bidang sesuai dengan posisi yang Anda bidik atau ditawarkan perusahaan.

III.    Apa yang membuat Anda lebih pantas dipilih dibanding kandidat-kandidat lain?
Segala informasi pada jawaban pertanyaan kedua dipilah lagi dan dipilih hanya yang unik atau hanya kombinasi spesial antar keunggulan-keunggulan itu yang tidak dimiliki oleh kandidat lain. Keunggulan-keunggulan klise, yang dimiliki juga oleh banyak kandidat lain dikeluarkan saja dari daftar. Bisa jadi, bahkan, Anda mengeluarkan ijazah pendidikan dari daftar karena terlalu biasa dan tidak spesial.

Informasi-informasi dari jawaban pertanyaan ketiga inilah yang dimasukkan ke dalam satu halaman curriculum vitae. Bila Anda benar-benar selektif, benar-benar hanya mencari point-point spesial yang tidak dimiliki oleh kandidat lain, akan Anda temukan dan pahami bahwa ternyata:
  • -         Wewenang yang pernah Anda miliki dalam posisi jabatan tidaklah istimewa, tetapi apa yang bisa Anda hasilkan dengan wewenang itulah yang luar biasa.
  • -         Ijazah dan sertifikat tidak dibutuhkan perusahaan, tapi karya  nyata yang dihargai perusahaan.
  • -         Segala uraian tugas tidak berarti apa-apa tanpa pencapaian target.

Agar satu halaman curriculum vitae menarik dan nyaman dibaca Anda harus mendesignnya sebaik mungkin. Gunakan dua kolom dalam satu halaman. Pilih font yang sederhana sehingga tetap mudah dan nyaman dibaca bila ukuran fontnya sebelas seperti Cambria, Calibri, Times New Roman, Arial Dan Calisto MT. Pilih ukuran kertas yang umumnya digunakan yaitu A4 atau Legal dengan spasi cukup satu. Margin atas, kiri, bawah, dan kanan bisa diminimalkan.

Dalam menuliskan prestasi Anda bisa mengumpulkannya jadi satu kolom/section dengan tampilan yang mencolok sehingga mudah terbaca. Bila prestasi sangat banyak maka Anda bisa bagi berdasarkan range waktu riwayat pekerjaan, sehingga dalam riwayat pekerjaan hanya berisi nama perusahaan, posisi, rentang waktu dan prestasi yang dicapai.

Sebaiknya prestasi-prestasi atau pencapaian Anda dituangkan dalam nominal angka atau prosentase.

Menuliskan keterampilan, agar lebih menarik dan eye catching, bisa dituangkan dalam bentuk grafik atau simbol yang menunjukkan level kemampuan Anda.

Selain keunggulan-keunggulan spesial jangan lupa untuk mencantumkan personal informasi Anda yaitu alamat, nomor telepon, alamat email, dan alamat website bila ada. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan alamat akun sosial media yang dibutuhkan untuk mereview lebih jauh para kandidat karyawan, karena itu pastikan nama akun sosial media sudah mengesankan profesional sebelum Anda cantumkan dalam curriculum vitae.

Bila masih tidak tega untuk membuang informasi-informasi lain Anda bisa memasukkannya ke dalam halaman berikutnya, tetapi usahakan curriculum vitae tidak lebih dari tiga halaman.


Bila Anda masih mengalami kesulitan silakan hubungi Penulis CV Profesional melalui WA 081 555 88 2600 atau email penuliscvpro@gmail.com.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔