Pekerjaan Sampingan untuk Anak SMA

Jumat, Februari 02, 2024
oleh:

Robby Regner

Gak ada pekerjaan yang cocok pada saat apapun jika anda tidak punya motivasi, anda harus punya motivasi dulu..motivasi yang kuat!

2012, Saya dulu waktu SMA, sudah tidak diberi uang saku, sedangkan saya tinggal di Surabaya dan saya pingin gaul. putar otaklah saya, setelah sharing dengan beberapa teman yang juga kerja, ada yang SPG/SPB ada yang Pager Ayu, Pager Bagus, ada yg EO. Tanpa koneksi siapapun, malam minggu itu saya putuskan untuk nekat mendatangi beberapa hotel.

Hasilnya? dari kurang lebih 15 hotel dan gedung pernikahan yang saya datangi, 1 hotel dan 1 gedung pernikahan setuju untuk memberi saya tempat di tim waitress pada weekend (Call Worker), asal setuju untuk di training dulu. dengan bayaran 75k/shift.

Awalnya saya ambil weekend aja, dari 1 hotel sebulan bisa ngantongin 1jt - 1,5jt, untuk tahun 2012 udah bagus tuh, setara UMK cuy. kok bisa? iya soalnya saya kerjanya sabtu dan minggu ambil 2 shift, pagi-sore , sore - malem, jadi 1 hari 150k berhasil saya kantongin, total 300rb perminggu, sebulan 1200k belum tips dll. Mantapp…

Lho kok boleh 2 shift? caranya ya perform lah.. lu kerja ikut orang jangan males-malesan.

Tapi setelah 6 bulan saya mikir, ini kalo tiap weekend saya kerja, terus gaulnya kapan? nongkrong di kafe nya kapan? akhirnya saya ngobrol sama kapten, manager, bisa ga ya kalo saya dikasi jadwal hari kerja, senin - jumat gitu.. Puji Tuhan, dikasi… walaupun pada akhirnya nongkrongnya ga sering-sering juga, duitnya enakan ditabung hahaha..

Oh iya, awalnya emang 1 hotel, tapi karena di kerjaan kenal temen-temen, akhirnya sering tuh saya dikasi job di gedung/hotel yang butuh tambahan waitress, jadi kalo di total saya reguler nya di 1 hotel, schedule 1 bulan udah jelas.. dan ga setiap hari ya, nah bolong-bolongnya ini saya tambal dengan di gedung/hotel lain.

Setelah itu ya kerja senin-Jumat nonstop, pulang sekolah langsung gas hotel, pake seragam SMA cuy! masuk ke loker room berasa paling bocah wkwk, tapi tetep semangat 45! kadang ambil saya minta ijin sama atasan untuk ambil 2 shift , sore-malem dan malem-pagi , kalo besok mata pelajarannya agak santai, jadi ya di sekolah nyolong-nyolong tidur hahaha.. berat? inget..motivasi..

1 tahunan saya dipercaya jadi kapten, gaji 130k/shift, dan dibebasin atur squad sendiri.. alhasil temen-temen SMA tak tawarin kerja wkwk, lumayanlah, ada tambahan pemasukan lagi.

Saya lepas kerjaan ini pas udah lulus SMA, dipikir-pikir cape boy kerja malem, pingin kerja kantoran aja.. jadilah saya meniti karir dibidang supply-chain management sampe sekarang ditambah usaha sendiri kalo udah lepas jam kantor.

Tapi pengalaman pas SMA ini sangat berharga untuk saya membentuk karakter kerja keras dan gigih, yang sampai saat ini kepake banget menghadapi kehidupan yang tidak mudah ini.

So, the choice is yours… lu punya modal duit? go ahead belajar jualan , usaha sendiri jauh lebih enakkkk.. tapi, kalo ga punya modal duit, ya pake modal lain, otak & otot.. manfaatkan.. Dunia ini luas.

God bless.

****

Foto by: Tim Douglas



Seluruh Hak Cipta tulisan di atas adalah milik penulis asli.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔