Tujuan yang Jelas (2 Kekuatan Jawaban Wawancara Kerja)

Senin, Januari 06, 2014
Selain kejujuran hampir semua perusahaan pasti menginginkan karyawan yang memiliki tujuan jelas, bahasa populernya visioner, khususnya untuk posisi-posisi strategis. Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang selalu tumbuh berkembang. Agar bisa selalu berkembang dengan baik sebuah perusahaan harus berisi sumber daya manusia yang memiliki tujuan dalam bekerja. Karyawan yang tidak punya visi tidak mungkin mampu memajukan perusahaan.

Saat wawancara kerja Anda akan dinilai dari jawaban Anda tentang visi, tujuan hidup. Pertanyaan tentang visi ini bisa dalam bentuk pertanyaan langsung “Apa visi hidup Anda?”, atau bisa juga tersirat dalam pertanyaan-pertanyaan tidak langsung, atau bahkan pejabat pewawancara hanya menilai dari jawaban-jawaban Anda. Pejabat pewawancara akan menilai dari setiap jawaban Anda, apakah Anda memiliki tujuan hidup atau tidak.

Orang yang tidak punya tujuan melamar di sebuah perusahaan berarti dia juga tidak punya tujuan hidup yang jelas. Dia hanya asal melamar, asal datang pada test wawancara kerja, asal menjawab pertanyaan. Orang seperti ini pasti kelak akan asal bekerja, dan tidak ada perusahaan yang bersedia menggaji karyawan seperti ini.

Anda mungkin sudah melamar di banyak tempat dan belum ada satu pun perusahaan yang menerima, tapi Anda harus tetap memiliki tujuan hidup yang jelas. Anda harus memiliki informasi yang cukup tentang perusahaan yang ingin Anda masuki, minimal Anda harus bisa membayangkan , memiliki bayangan, bervisi, bagaimana saat Anda bekerja di dalamnya. Bayangan, visi itu, harus bisa Anda gabungkan dengan tujuan hidup Anda.

Sebagaimana dijelaskan pada kekuatan kejujuran, bila Anda memiliki bayangan kuat tentang bekerja pada perusahaan yang sedang memanggil Anda untuk wawancara kerja, setiap jawaban Anda akan mencerminkan tujuan Anda melamar pekerjaan pada perusahaan itu. Bila tujuan Anda jelas , dalam pikiran Anda, tidak perlu upaya keras saat menjawab pertanyaan wawancara kerja.


Bayangan (visi)  yang jelas dan kuat akan mempengaruhi keyakinan. Keyakinan Anda akan mudah terbaca oleh pejabat pewawancara saat wawancara kerja.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔